Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara Simulasi Lalu Lintas

Alfiatin
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 17:52 WIB
Siswa SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara sosialisasi dan simulasi tertib berlalulintas sebagai bentuk implementasi profil pelajar Pancasila.

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id- Siswa SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara menggelar unjuk aksi dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jumat (30/9/2022) lalu. Kegiatan yang dilakukan di SD sasaran wilayah Kecamatan Kalibening tersebut berupa sosialisasi dan simulasi tentang tertib berlalu lintas.

Unjuk aksi dilakukan dengan mengambil tema gaya hidup berkelanjutan dan subtema Muhamka Tertib berlalulintas. Ketua Tim P5, Ria Khasanah SPd mengatakan unjuk aksi tertib berlalulintas merupakan satu bentuk program implementasi Kurikulum Merdeka.

"Unjuk aksi ini dilakukan oleh siswa kelas X, sebelumnya mereka melakukan persiapan selama satu pekan," kata Ria

Ia mengatakan, persiapan yang dilakukan selama satu pekan sebelum pelaksanaan di antaranya survei lokasi, membuat karya miniatur lalu lintas, dan berkoordinasi dengan sekolah dasar sasaran.

"Setelah semuanya siap, sesuai dengan perencanaan, peserta didik dibagi dalam 9 kelompok menuju sekolah sasaran. Mereka berbagi tugas dalam mengerjakan proyek sosialisasi tertib berlalu lintas. Sebelum melaksanakan tugasnya, mereka juga mengikuti sosialisasi dan talk show tentang taat tata tertib berlalulintas dari Polsek Kalibening," katanya.

Sementara itu, Kepala SMA Muhammadiyah 4 Banjarnegara, Solikhin mengatakan dengan proyek ini, diharapkan dapat meningkatkan tertib berlalulintas kepada peserta didik.

"Sasaran kami sengaja ke SD, karena kami ingin memberikan pembekalan tertib berlalulintas kepada anak-anak sejak dini. Supaya mereka lebih memahami tertib berlalulintas saat sudah dewasa," katanya.

Hal tersebut kata dia, mengingat banyaknya pelanggaran tertib berlalulintas yang dilakukan remaja dan dewasa. "Semoga kegiatan ini dapat menginternalisasikan nilai-nilai Profil Pelajaran Pancasila dan keterampilan abad 21," ujarnya.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini