get app
inews
Aa
Read Next : Puluhan Korban Tewas Diduga Akibat Penembakan Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan

Apa Arti dari Kode 1312 ACAB yang Tertulis Penuhi Stadion Kanjuruhan?

Kamis, 06 Oktober 2022 | 04:00 WIB
header img
Kode 1312 ACAB. (Foto: Avirista Midaada)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Banyak coretan yang tertulis di sepanjang stadion Kanjuruhan, Malang usai kejadian yang menewaskan ratusan orang akibat gas air mata. Salah satu tulisan yang banyak dicoretkan yaitu Kode 1312 ACAB, lalu apa arti dari coretan tersebut?

Beberapa spanduk di jalanan juga banyak yang menuliskan kode 1312 ACAB. Dikutip dari instagram @katadatacoid pada Kamis (6/10/2022) menjelaskan bahwa kode 1312 merujuk pada urutan abjad dari akronim ACAB, yaitu sebuah simbol yang menunjukkan protes kepada polisi.

ACAB sendiri merupakan singkatan dari All Cops Are Bastard atau "Semua Polisi Adalah Bajingan". Kode tersebut mengekspresikan adanya protes terhadap perilaku polisi yang menyalahi etika.

Kode 1312 ACAB ini ternyata sudah lama digunakan sejak 1920 yang dipopulerkan oleh jurnalis Newscastle, Eric Partridge pada malam dirinya di penjara pada 1977. Pada saat itu, Eric mendokumentasikan akronim ACAB yang tertulis di dinding penjara.

Salah stau band punk di Inggris juga sering menggunakan istilah tersebut dalam lagu yang mereka buat pada 1980-an. Hingga pada tahun 2022 kode ACAB menjadi populer di Amerika Serikat setelah kematian George Floyd, laki-laki berkulit hitam yang tewas akibat ditindih lehernya oleh polisi berkulit putih.

Editor : Pepih Nurlelis

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut