5 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu, Gunakan Langkah Mudah Ini

Dini Listiyani/ NET Purwokerto
.
Jum'at, 07 Oktober 2022 | 15:04 WIB
ilustrasi smartphone iphone 13 (pexels.com)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Cara cek iPhone asli atau palsu dapat dilakukan dengan langkah mudah ini. Ini dapat Anda lakukan ketika akan membeli barang elektronik seperti iPhone, tujuannya agar waspada terhadap barang tiruan yang banyak beredar.

Tidak dipungkiri di pasar elektronik tentu saja ada barang tiruan, palsu, dan asli. Tapi, dengan kemajuan teknologi, produsen telah berhasil mengkloning iPhone baik dari segi tampilan, ukuran, dan penempatan tombol atau logo. 

Berikut 5 cara untuk cek iPhone asli atau palsu dengan langkah mudah ini.

Cara Cek iPhone Asli atau Palsu

1. Perhatikan Bagian Fisik iPhone

Salah satu cara paling umum untuk memeriksa apakah iPhone asli atau palsu yakni dengan melihat fisiknya. Seringkali iPhone palsu hardwarenya terlihat lebih murah, sebagaimana dikutip dari Indian Express. 

Sementara itu, hardware iPhone asli biasanya terbuat dari logam dan kaca, meskipun sentuhan akhir matte memang ada pada model kelas atas. Perhatikan karakteristik khusus seperti posisi tombol dan logo, konektor Lightning di bagian bawah, dan warna iPhone.

2. Cek IMEI atau Serial Number

Semua iPhone asli memiliki IMEI atau nomor seri. Dengan begitu, Anda mengetahui apakah membeli iPhone baru refurbishd atau tidak. Untuk memeriksanya, Anda bisa pergi ke Settings> General, dan About. 

Scroll ke bawa hingga melihat daftar nomor IMEI. Jika iPhone tidak memiliki IMEI atau nomor seri, kemungkinan besar perangkat tersebut palsu. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini