get app
inews
Aa Read Next : Sapphire Grup Gelar Colorful Run dan Serahkan Bantuan CSR Lewat Program Mager

3 Cara Mudah Mengatasi Kutu Air dengan Bahan Alami

Minggu, 16 Oktober 2022 | 21:10 WIB
header img
3 cara mudah mengatasi kutu air dengan bahan alami. Foto: Freepik

BANYUMAS, iNewsPurwokerto - Indonesia sekarang memasuki musim penghujan. Kerap kali pada saat musim hujan lingkungan sekitar kita menjadi lembap dan becek dan menyebabkan munculnya kutu air pada kaki.

Ada beberapa hal tentang kesehatan kulit khususnya area yang perlu diperhatikan pada saat musim penghujan. Anda perlu mengetahui cara mudah mengatasi kutu air dengan bahan alami.

Dikutip dari Alodokter pada Minggu (16/10/2022), bahwasannya kutu air sering sekali menyerang area sela jari kita pada saat musim penghujan. Meski tidak dikatakan serius, kutu air pada telapak kaki harus tetap diobati, tujuannya agar tidak menyebar ke area lain atau menular ke orang lain. 

Kutu air yang menyerang sela jari kaki mengakibatkan kulit menjadi ruam, gatal, memerah, lembap, perih, dan melepuh. Ini disebabkan oleh infeksi jamur.

Anda dapat mengobati kutu air dengan obat anti jamur yang mengandung clotrimazole atau miconazole, selama 1 - 6 minggu. Namun, Anda dapat melakukan pengobatan secara mudah dengan menggunakan bahan alami untuk mengatasi kutu air.

3 Cara Mudah Mengatasi Kutu Air dengan Bahan Alami

1. Garam

Larutkan 5 sendok makan garam laut ke dalam baskom atau ember dengan menggunakan air hangat. Bersihkan kaki lalu rendam kaki yang terinfeksi kutu air selama 20 menit ke dalam larutan tersebut, setelah itu keringkan.

Garam laut memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat, sehingga dapat mengatasi kutu air di telapak kaki sekaligus menghambat penyebarannya.

2. Bawang Putih

Kandungan ajoene dalam bawang putih diduga mampu mengobati kutu air. Bawang putih merupakan antuseptic alami yang bisa mengobati infeksi jamur pada kulit.

3. Larutan Cuka

Asam asetat yang terkandung dalam cuka diyakini memiliki sifat antijamur, sehingga mampu mengatasi kutu air di telapak kaki.

Untuk mendapatkan manfaat cuka ini, Anda dapat mencampur 1 cangkir cuka dengan 2 gelas air. Lalu, rendam kaki Anda yang telah dibersihkan ke dalam larutan cuka tersebut.

Selama menjalani pengobatan kutu air di telapak kaki, jaga selalu kebersihan kaki Anda dan pastikan kaki selalu dalam keadaan kering. 

Demikian beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi kutu air pada kaki menggunakan bahan alami. Semog bermanfaat.

Editor : Pepih Nurlelis

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut