get app
inews
Aa Read Next : Begini Layanan BPJS Kesehatan Selama Libur Lebaran

Kades Cantik Ini Keliling Desa Tawarkan Pecel Tempe Mendoan, Banyak Warga Terbantu

Selasa, 25 Oktober 2022 | 12:01 WIB
header img
Kades cantik Rendyta Witrayanu Setyawan. (Foto: MPI/Avirista Midaada).

Rendyta mengungkapkan, meski sudah ada program Pecel Tempe Mendoan dengan cara jemput bola, namun pelayanan adminduk di kantor desa juga tetap akan dilayani setiap hari kerja.

“Kami yang mengantarkan berkasnya. Warga cukup di rumah saja WA (WhatsApp), atau bilang ke Pak RT. Kami akan datang ke rumah warga untuk ngurus adminduk. Di kantor tetap kita layani saat jam kerja, Senin sampai Jumat,” tuturnya.

Rendyta mengatakan, seluruh kepengurusan adminduk dapat dilayani melalui program Pecel Tempe Mendoan ini. Bahkan beberapa program diantaranya pelayanan surat pindah dapat langsung dilayani dengan estimasi sehari jadi.

“Yang kita layani seperti pencatatan sipil, KK, KTP, pindah tempat, akta kelahiran, akta kematian, KIA itu bisa kami layani, ada beberapa berkas yang satu hari jadi juga, ada surat pindah, beberapa yang lainnya sesuai dari Capil kita menunggu. Saya rasa sekarang lebih cepat jadinya berkas,” ujarnya. 

Berkat inovasinya itu, Desa Senggreng kini menjadi project percontohan pelayanan administrasi di Kabupaten Malang. Bahkan, Ketua Ombudsman Republik Mokhammad Najih hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawasan turut memberikan apreasi atas inovasi Kades cantik ini.

“Alhamdulillah program ini diapresiasi Bu Gubernur, saya juga mendapat apresiasi dari Pak Bupati diberi hadiah sepeda motor, kemarin dikunjungi Ombudsman RI, dilihat bagaimana kami SOP (Standar Operasional Prosedur) kami, kinerja kami, alhamdulillah semua mengapresiasi program kami,” katanya.

Sukawan, salah seorang warga Desa Senggreng mengaku begitu terbantu dengan layanan administrasi kependudukan dengan mendatangi rumah warga satu persatu. Dia mengakui, sebelum adanya layanan ini dirinya terpaksa meluangkan waktu hingga beberapa hari dan meninggalkan pekerjaannya hanya untuk mengurus adminduk.

“Sekarang Alhamdulillah adanya ini, warga yang sibuk kerja bisa tetap ngurus (adminduk). Alhamdulillah ini masyarakat dibuat senang, tanpa biaya, dan didatangi, selama ini belum ada sperti ini,” ujar Sukawan.

Menurutnya, layanan pengantaran kepengurusan adminduk ke rumah-rumah warga juga membantu dirinya yang sudah manula. Apalagi bisa mendapat akses layanan tanpa harus membuang banyak tenaga.

“Cepat tanpa biaya, tanpa bergerak ke kantor desa sudah sampai diantar. (sebelum layanan ini) Kita ngurus ke RT RW, ke desa, ke kecamatan, kadang-kadang ya ngurus langsung masuk kependudukan di kabupaten, sekarang tanpa itu bisa cuma WA atau telpon bisa, langsung didatangi,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di INews.di dengan judul "Viral Kades Cantik di Malang Keliling Kampung Tawarkan Pecel Tempe Mendoan, Seperti Apa?".

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut