get app
inews
Aa Read Next : Urutan Member BLACKPINK Terkaya, Nomor 1 Miliki Harta Rp172 Miliar

Debut Usia 12 tahun, Netizen Cemaskan Idol Ini

Senin, 21 Juni 2021 | 11:30 WIB
header img
Haeun, Idol Korea yang memulai debut di usia belasan tahun

PURWOKERTO, iNews.id - Sudah bukan rahasia lagi, menjadi idol di Korea Selatan membutuhkan waktu yang panjang. Para calon idol yang biasa disebut trainee ini, harus menjalani audisi yang memiliki tingkat persaingan tinggi kemudian menjalani masa pelatihan yang panjang. 

Banyak idol yang mulai kehidupan traine sejak belia dan mampu debut di usia belasan tahun. 

Sebut saja BOA, idol yang memulai debutnya di tahun 2000 pada usia 14 tahun. Ahn Sohee eks Wonder Girls yang debut pada 2007 ketika masih berusia 15 tahun.

Kemudian Kang Jiyoung eks member KARA yang debut pada usia 14 tahun dan sempat mendapat julukan Baby Giant. Lalu ada Taemin Shinee yang kini tengah menjalani wajib militer.

Taemin debut pada usia 14 tahun, sebagai main dancer pada grupnya 4minute. Sohyun yang debut sebulan sebelum ulang tahunnya yang ke-15 pada 2009.

Hyuna yang pernah menjadi main rapper di Wonder Girls, memulai debut pada usia 14 tahun, kemudian menjadi member 4Minute. Si cantik adik Jessica Jung yaitu Krystal menjadi member f(x) debut beberapa minggu sebelum usia 15 tahun.

Jang Wonyoung yang menjadi juara di Produce 48, lahir tahun 2004 menjadikannya center girlgroup IZ*ONE pada usia 14 tahun.

Dilansir dari Koreaboo, Girlgroup dari KPop agensi AMX Entertainment direncanakan akan mendebutkan girlgroup pertamanya tahun ini.

Bulan Mei, AMX Entertainment mengumumkan member pertamanya yaitu Hyejin. Hyejin lahir pada awal tahun 2002 dan kini berusia  19 tahun. Usia yang hampir sama dengan idol rookie yang sudah sebelumnya debut. 

Member kedua yang diumumkan oleh AMX Entertainment adalah Haeun. Haeun inilah yang menjadi topik perbincangan netizen di Korea Selatan. AMX Entertainment mengatakan, bahwa Haeun akan menjadi main dancer pada girlgroup debutannya tersebut. 

Haeun yang dilahirkan pada bulan September 2008 menjadikannya idol berumur 12 tahun. Sebelum menjadi idol, Haeun dikabarkan memiliki pengalaman sebagai model anak kecil dan cameo pada Kdrama. Haeun memiliki kemampuan memainkan instrument music termasuk piano dan gitar. 

Haeun dilaporkan mengikuti traine idol, selama dua tahun. Artinya, Haeun sejak 10 tahun sudah berkecimpung pada industri idol di Korea Selatan. Usia Haeun yang sangat muda ini menjadi perdebatan netizen di twitter. 

Akun @smiley***jin menuliskan “2008??? Free her!!!”. Akun @3GI1R*** menyatakan lebih baik yang dewasa yang debut, seperti Blackpink atau aespa, “Can we go back to debuting adults already? Follow the example of Blackpink and aespa i beg you”

K-Pop fans menyayangkan agensi yang memilih mendebutkan traineenya yang masih di bawah umur. K-Pop fans mengatakan, bahwa menjadi idol membutuhkan mental dan psikologis yang kuat karena bisa saja idol menerima respon negatif dari netizen. 

Sementara itu, member lainnya yang didebutkan oleh AMX Entertainment juga masih berusia muda. Ada Minju yang berusia 13 tahun, Gaeun berusia 16 tahun dan Seoyoon berusia 14 tahun. 

Pada akun instagram official AMX Entertainment @amx_entertaintment, belum ada pernyataan bahwa Haeun adalah member termuda pada girlgroup debutannya. Hal ini membuat K-Pop fans berasumsi, bahwa masih ada member yang berusia 11 tahun atau lebih muda yang bergabung dalam grup ini.

Editor : Franky S

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut