get app
inews
Aa Read Next : Begini Manfaaat Buah Pir untuk Kesehatan, Yuk Dicek

Imunisasi dan Penjaringan Kesehatan, Cara SD UMP Bentengi Penyakit

Selasa, 08 November 2022 | 18:22 WIB
header img
Siswa SD UMP sedang cek kesehatan sebelum melakukan imunisasi BIAS

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Kesehatan menjadi satu hal yang sangat penting, maka dari itu orang tua harus terus memantau kesehatan anak-anak. Sebagai satu cara membentengi anak dari penyakit, SD UMP bekerja sama dengan Puskesmas Kembaran memberikan imunisasi dan Penjaringan kesehatan bagi siswanya, Selasa (8/11/2022).

Penjaringan kesehatan yang dilakukan berupa pemeriksaan kesehatan mulut, gigi, dan telinga bagi siswa kelas 3, 4, dan 6. Sementara imunisasi yang merupakan program pemerintah yang diberikan di bulan November ini yakni vaksin difteri tetanus (DT), dan tetanus difteri (TD).

Dokter Puskesmas Kembaran 1, dr Grahita Anindita mengatakan vaksin yang merupakan program pemerintah yang diberikan di bulan November ini sangat penting diberikan kepada anak karena untuk melindungi anak dari berbagai macam penyakit.

"Imunisasi ini merupakan bagian dari program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang dilangsungkan di seluruh sekolah di Indonesia. Vaksin BIAS adalah kegiatan imunisasi lanjut pada anak sekolah dasar," kata dia.

Imunisasi BIAS diberikan karena imunisasi waktu bayi dirasa belum cukup untuk melindungi dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi bagi usia sekolah. Dr Grahita mengatakan, imunisasi DT diberikan untuk kelas 1 SD dan imunisasi TD untuk kelas 2 dan 5 SD.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut