get app
inews
Aa Read Next : 11 Orang Meninggal akibat Pabrik Cat Terbakar Hebat dan Meledak

5 Tradisi Tragis Jadi Janda di India, Diasingkan Sampai Bakar Diri

Kamis, 17 November 2022 | 12:43 WIB
header img
Ilustrasi 5 Tradisi Tragis Jadi Janda di India, Diasingkan Sampai Bakar Diri

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Menjadi janda di India sangat menyedihkan. India memiliki tradisi tragis bagi para janda dalam kehidupan bermasyarakat.

Kehidupan para janda di India sangat berbeda dengan negara lain di dunia yang tak mengatur kehidupan para Janda. Meski ada beberapa stigma negatif bagi perempuan yang menyandang status janda.

Lantas, tradisi menyedihkan seperti apa yang dialami janda di India? Berikut ulasannya.

Tradisi Tragis Jadi Janda di India

1. Harus Mengasingkan Diri

Di India, janda yang ditinggal sang suami tercinta karena meninggal dunia, umumnya mereka tidak punya pilihan selain tinggal di ashram vidhwa (ashram untuk janda) yang dijalankan oleh pemerintah, perusahaan swasta, dan LSM.

Hal ini mengikuti tradisi Hindu yang menyebutkan bahwa seorang janda tidak dapat menikah lagi. Perempuan menyandang status janda harus berdiam diri di rumah, melepas perhiasannya, dan memakai pakaian dengan warna berkabung.

2. Dilarang Mengikuti Beragam Acara

Di India, janda dianggap memiliki status sosial yang berada di bawah. Sehingga mereka seperti dikucilkan. Bahkan, janda tidak boleh mengikuti ritual keagamaan.

Janda di India juga dilarang datang ke acara pernikahan. Sebab diyakini sebagai penolakan kesialan yang mungkin bisa datang pada calon mempelai.

3. Harus ‘Putih’ Selama Hidupnya

Beberapa orang Hindu paling konservatif di India percaya jika seorang wanita yang ditinggal suaminya meninggal, tidak lagi hidup. Sebab, diyakini telah gagal mempertahankan jiwanya.

Untuk melambangkan status sosialnya sebagai janda, para wanita tersebut harus mengenakan pakaian atau sari putih seumur hidupnya. Pakaian putih di India melambangkan arti berkabung, sebagai tanda duka cita bagi suami mereka yang mendahuluinya.

4. Harus Cukur Rambut

Tak hanya harus mengenakan baju serba putih, seorang wanita yang menyandang status janda dipaksa meninggalkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pernikahan, seperti sindoor, mangalsutra dan dalam kasus ekstrem bahkan perhiasan. Selain aksesoris, mereka juga harus mencukur rambut sebagai lambang mahkota dalam tubuhnya.

Bagi para janda di India, rupanya rambut bisa jadi malapetaka. Oleh sebab itu, masyarakat di Jalan Vrindavan ini berisi para janda dengan rambut pendek atau bondol.

5. Tradisi Membakar diri

Janji pernikahan di India sangat sakral, para janda di India akan melakukan tradisi membakar diri yang dikenal sebagai Sati (Suttee). Dalam tradisi Sati, saat sang suami meninggal dunia, sang istri juga akan menghilangkan nyawanya. Salah satu caranya dengan membakar diri.

Menurut Culture Trip, berdasarkan kepercayaan Hindu kuno, Sati melambangkan penutupan sebuah pernikahan. Tradisi ini dilakukan secara sukarela, tanpa paksaan yang berarti sang istri ingin menjadi pasangan yang berbakti dan mengikuti suami ke alam baka.

Sayangnya, seiring waktu, tradisi ini menjadi sesuatu yang 'dipaksakan'. Kabarnya, apabila janda tersebut ditinggal mati suaminya dan tak memiliki anak, ia akan 'ditekan' oleh masyarakat untuk melakukan tradisi Sati ini.

Demikian 5 tradisi Tradisi Tragis Jadi Janda di India. Semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul "5 Tradisi Tragis yang Dialami Janda di India, Dikucilkan hingga Bakar Diri".

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut