get app
inews
Aa Read Next : Tim Satreskrim Polresta Cilacap Amankan 20 Remaja Bawa Sajam, Diduga Bakal Tawuran

Nadiem Minta Pemda Angkat Guru Penggerak Jadi Kepala Sekolah

Jum'at, 18 November 2022 | 10:54 WIB
header img
Nadiem Minta Pemda Angkat Guru Penggerak Jadi Kepala Sekolah. Foto: Dok Kemendikbudristek.

PADANG, iNewsPurwokerto.id - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim meminta Pemerintah Daerah (Pemda) agar memberikan kesempatan pada guru penggerak untuk menjadi calon kepala sekolah dan pengawas sekolah. Hal itu sesuai dengan Peraturan Mendikbudristek Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.

Nadiem menyampaikan hal tersebut saat melakukan dialog penggerak di Kota Padang, Sumatra Barat (17/11) kemarin.

“Bapak Kepala Dinas (Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat), kami butuh sekali bantuan agar guru-guru penggerak ini tahun depan semua diangkat menjadi kepala sekolah dan pengawas,” kata Mendikbudristek dalam keterangannya tertulisnya, Jumat (18/11/2022).

Nadiem menjelaskan bahwa guru penggerak hendaknya diprioritaskan untuk menjadi kepala sekolah dan pengawas sekolah karena guru-guru penggerak ini dinilai mampu memberikan perubahan besar dalam dunia pendidikan. 

"Kita berikan mereka posisi sebagai pemimpin supaya bisa membuktikan dan mendorong gerakan transformasi pendidikan," katanya. 

Kendati banyak guru penggerak masih berusia muda, tetapi mereka telah berhasil mengikuti pendidikan selama sembilan bulan dengan semua tantangan yang menempa karakter dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan. 

“Seorang pemimpin itu harus berani mencoba dan melakukan perubahan, seperti halnya guru penggerak," kata Nadiem.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut