get app
inews
Aa
Read Next : Video Pasar Ramadhan Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2024, Libatkan Ratusan Pelaku UMKM

Wajib Gabung, Komunitas Bisnis Ini Bisa Bantu Usahamu Maju Pesat

Rabu, 23 Juni 2021 | 11:59 WIB
header img
Bergabung dengan komunitas bisnis, banyak memberikan keuntungan bagi pelaku usaha supaya bisnisnya maju pesat. (Foto: MART PRODUCTION/Pexels)

PURWOKERTO, iNews.id - Bergabung dalam sebuah komunitas bisnis, akan sangat membantu seorang pengusaha yang ingin bisnisnya bertumbuh dan maju pesat. Komunitas bisnis online, sangat bermanfaat untuk keberlangsungan usaha, terutama pelaku usaha kecil menengah UKM).

Dengan tergabung dalam komunitas bisnis seorang pengusaha akan terbuka pikirannya, bisa berbagi pengalaman, serta mendapat saran dan cara agar berhasil dalam bisnis. Keuntungan lain tergabung dalam komunitas di antaranya:

Akses Informasi
Informasi adalah hal yang penting untuk mengembangkan bisnis. Dengan bergabung bersama komunitas, informasi seputar bisnis dapat diakses secara bebas. Bahkan kamu diajak untuk selalu belajar dan mendapatkan saran dari berbagai pemilik bisnis yang lebih berpengalaman.

Dukungan dan Solidaritas
Dengan bergabung ke dalam komunitas, pasti adanya rasa solidaritas dan saling mendukung satu sama lain. Bentuk dukungan tersebut beragam, mulai dari penyebaran informasi bisnis yang kamu miliki, sampai bantuan dana usaha. 

Pemasaran Gratis
Komunitas adalah tempat pemasaran yang luar biasa. Saat bergabung, kamu perlu membuat profil yang kuat.

Pastikan kamu memberikan informasi yang jelas dan menarik. Selalu sertakan alama situs (jika ada) bisnis kamu, alamat, dan kontak yang dapat dihubungi. Kamu juga bisa menyertakan pernah bekerja dengan siapa, pernah memberikan benefit apa, dan lainnya. 

Membangun Jaringan 
Dengan bergabung ke dalam komunitas, kamu dapat membangun jaringan dan hubungan dengan pemilik bisnis lainnya.

Dengan jaringan tersebut, kamu bisa menghasilkan prospek dan meningkatkan bisnis yang dimiliki. Selain itu kamu membuka banyak peluang dan mendapatkan koneksi yang baik. 

Setelah mengetahui berbagai keuntungan bergabung ke dalam komunitas pebisnis, berikut beberapa situs yang bisa kamu kunjungi untuk menambah wawasan dalam memajukan bisnismu.

Yuk Bisnis
Yuk bisnis adalah salah satu komunitas untuk pebisnis terbesar di Indonesia. Situs ini hadir sebagai wadah untuk para pengusaha maupun orang-orang yang ingin belajar bisnis.

Mereka memiliki kegiatan rutin, seperti edukasi UKM, serta metode belajar bisnis untuk pemula.

TDA Community
TDA atau tangan di atas adalah salah satu komunitas bisnis terbesar di Indonesia.  Komunitas ini khusus untuk wirausahawan muda dan orang-orang yang memiliki minat dalam dunia bisnis. 

TDA berdiri sejak 2006 diperkasai oleh Badroni Yuzirman dan 6 orang pengusaha lain. TDA memiliki banyak program seperti Beli TDA, TDA Peduli, TDA tanggap corona, dan TDA TV.

HIPMI
Hipmi memiliki berbagai program untuk pelatihan soft skill serta seminar. Selain itu, HIPMI sudah hadir di berbagai wilayah Indonesia.

Online Seller Meetup
Komunitas ini berada di bawah naungan Koin Works yang menaungi para pebisnis online untuk mengembangkan bisnisnya.

Itulah beberapa komunitas untuk pengusaha muda yang mengembangkan bisnisnya ke level selanjutnya.

Editor : Franky S

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut