get app
inews
Aa Read Next : 6 Kandungan Tisu Magic, Sering Dibawa Pendaki Sebelum Naik Gunung

Juru Kunci Gunung, Setia Sampai Meninggal Tersapu Wedus Gembel dengan Posisi Sujud

Minggu, 12 Desember 2021 | 12:27 WIB
header img
Mbah Maridjan semasa masih hidup (Foto: Sindonews)

JAKARTA, iNews.id – Setiap gunung, biasanya memiliki juru kunci. Juru kunci atau kuncen sebuah gunung dianggap memiliki peran yang penting. 

Biasanya, mereka bisa membaca situasi serta kondisi gunung, terlebih jika menunjukkan tanda-tanda akan erupsi. 

Berikut adalah 3 juru kunci gunung yang banyak dikenal masyarakat: 1.Mbah Maridjan Juru Kunci Gunung Merapi   Salah satu juru kunci yang sangat terkenal adalah Mbah Maridjan. Memiliki nama lengkap Raden Ngabehi Sulakso Hargo, Mbah Maridjan mendapat amanah sebagai juru kunci Gunung Merapi pada tahun 1982 dari Sri Sultan Hamengkubowono IX. Mbah Maridjan pernah memberikan pesan yang khusus ditujukan kepada pemerintah setempat. 

Pesan tersebut berisikan imbauan bahwa pemerintah harus peduli terhadap eksploitasi pasir vulkanik yang marak terjadi di sekitar Merapi. Apabila ada yang berani melanggar aturan di area tersebut, Merapi bisa marah dan memuntahkan awan panasnya. 

Hingga akhir hayatnya, Mbah Maridjan setia dengan tugasnya sebagai juru kunci Merapi. Ia meninggal ersapu awan panas saat erupsi Gunung Merapi pada tahun 2010. Mbah Maridjan ditemukan dalam keadaan bersujud di rumahnya yang hanya berjarak sekitar 4 km dari puncak Merapi.  

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut