get app
inews
Aa Read Next : Program JKN Jadi Pahlawan Dalam Lindungi Keluarga Lastiah

Proyeksi Inflasi 2023, Begini Catatan Kantor BI Purwokerto

Selasa, 03 Januari 2023 | 08:32 WIB
header img
Transaksi perdagangan di Pasar Manis Purwokerto. Kantor Bank Indonesia (BI) Purwokerto memperkirakan pada tahun 2023 tingkat inflasi di Banyumas dan Cilacap sekitar 3±1 (yoy) pada 2023. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Kantor Bank Indonesia (BI) Purwokerto memperkirakan pada tahun 2023 tingkat inflasi di Banyumas dan Cilacap sekitar 3±1 (yoy) pada 2023. 

Kepala Kantor Perwakilan BI Purwokerto Rony Hartawan mengatakan bahwa ada sejumlah faktor yang mempengaruhi pencapaian inflasi pada tahun 2023. 

“Di antaranya adalah dampak inflasi dari kenaikan permintaan dan harga barang di luar negeri (imported inflation), disertai pertumbuhan ekonomi global yang melemah. Kemudian perubahan cuaca dan iklim yang mempengaruhi produksi juga dapat berdampak pada terjadinya fluktuasi harga beberapa komoditas hortikultura,”jelasnya pada keterangan tertulis yang diterima iNewsPurwokerto pada Selasa (3/1/2023).

Menurutnya, faktor lainnya adalah kenaikan harga komoditas yang ditentukan oleh Pemerintah seperti cukai rokok diperkirakan turut andil sebagai penyumbang inflasi. Pemerintah telah menetapkan kebijakan kenaikan cukai hasil tembakau (CHT) pada 2023 sebesar 12% (rerata tertimbang). 

“Dampak lanjutan kenaikan harga BBM juga diperkirakan akan berlanjur di awal tahun 2023. Ke depan, koordinasi antara Bank Indonesia, Pemerintah Daerah, dan pihak terkait lainnya akan terus dilakukan sebagai upaya untuk menjamin ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan keterjangkauan harga khususnya untuk bahan kebutuhan pokok,”ujarnya.

Sementara berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat Inflasi Purwokerto dan Cilacap pada Desember 2022 secara tahunan masing-masing tercatat sebesar 6,49% (yoy) dan 6,81% (yoy). 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut