get app
inews
Aa Read Next : 27 Link Pengganti LK21, IndoXXI dan Rebahin, Cocok Jadi Referensi Nonton Bareng Keluarga

MVAT dan Lontar Ajak Warga Banyumas Nobar Film Dokumenter Ahmad Tohari Kesaksian Tanpa Batas

Selasa, 10 Januari 2023 | 12:33 WIB
header img
Film dokumenter berjudul 'Ahmad Tohari Kesaksian Tanpa Batas (2004)'. Foto: Dok Museum Virtual Ahmad Tohari.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Berkolaborasi meningkatan pengetahuan dan pendidikan kesusasteraan Indonesia, Museum Virtual Ahmad Tohari (MVAT) bekerjasama dengan Yayasan Lontar mengajak warga Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah untuk nonton bareng (nobar) film dokumenter Ahmad Tohari. Film dokumenter berjudul 'Ahmad Tohari Kesaksian Tanpa Batas (2004)' ini akan ditayangkan pada Rabu (11/1) pukul 19.00 WIB. 

Bertempat di Praketa Kopi, Jalan HR Boenyamin Purwokerto, film dokumenter Ahmad Tohari Kesaksian Tanpa Batas ini merupakan bagian dari seri On The Record Tokoh Penulis Indonesia. Film ini diproduksi pada tahun 2004 oleh Yayasan Lontar dan disutradarai oleh Shanty Harmayn.

"Pemutaran film dokumenter ini terbuka untuk umum," kata Program Manager Museum Virtual Ahmad Tohari, Kemal F Ramadhan dalam keterangannya, Selasa (10/1/2023).


Penggarapan film dalam Museum Virtual Ahmad Tohari disutradarai oleh Zen Al Ansory yang telah melahirkan karya-karya film fiksi. Foto: Dok Museum Ahmad Tohari

 

Kemal mengatakan, film tersebut mengangkat ke pengarangan Ahmad Tohari sebagai tokoh penting dalam sejarah sastra indonesia. Alur film dibangun dengan mengetengahkan aspek psikologis, latar belakang hingga proses kreatif Ahmad Tohari menulis novel Kubah dan Trilogi Rongeng Dukuh Paruk yang berwarna geger politik 65.

Film dokumenter Ahmad Tohari Kesaksian Tanpa Batas ini juga mengetengahkan pandangan akademisi dan sastrawan yang menekankan sikap kritis religius Ahmad Tohari sebagai sosok yang lahir dan tumbuh di lingkungan santri.

"Tujuannya juga selain follow up dari program pengenalan museum virtual Ahmad Tohari, kita juga ingin menegaskan sosok penting Ahmad Tohari dalam kancah kesusastraan Indonesia," ujarnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut