get app
inews
Aa Read Next : Ternyata Kekuatan Militer Indonesia Jauh Lebih Kuat dari Korea Utara, Ini Faktanya

Khawatir Tinja dan Air Seni Dicuri Musuh, Kim Jong un Selalu Bawa Toilet Pribadi

Kamis, 19 Januari 2023 | 14:30 WIB
header img
Khawatir tinja dan air seni dicuri musuh, pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong un selalu membawa toilet pribadi kemana pun berpergian. Foto: Ist

SEOUL, iNewsPurwokerto.id - Khawatir tinja dan air seni dicuri musuh, pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un selalu membawa toilet pribadi kemana pun berpergian.

Kisah ini terungkap saat Kim Jong un menghadiri KTT Antar-Korea pada 2018. 

Kim Jong un memang sempat menolak untuk menggunakan toilet umum yang berada di sekitar lokasi acara dan dia lebih memilih toilet pribadi yang selalu mengikutinya.

"Daripada menggunakan toilet umum, pemimpin Korea Utara memiliki toilet pribadi yang mengikutinya saat dia bepergian," kata Lee Yun-keol, seorang pembelot yang pernah bertugas di Garda Komando Korea Utara sebagaimana dilansir CBS News.

Namun alasan yang tepat Kim Jong un memilih oakai toilet pribadi yakni menghindari kebocoran informasi.

"Kotoran pemimpin Korea Utara mengandung informasi tentang status kesehatannya sehingga mereka tidak dapat ditinggalkan,"

Pertimbangan perjalanan serupa dilaporkan dilakukan setiap kali pemimpin Korea Utara melakukan inspeksi di lapangan pangkalan militer dan pabrik milik negara di seluruh negeri. 

Bahkan, menurut laporan outlet berita Korea Selatan, ada kamar mandi khusus yang dibuat dalam dalam iring-iringan kendaraan Kim setiap saat.

"Toilet tidak hanya ada di kereta pribadi Kim Jong-un, tetapi juga mobil kecil atau menengah apa pun yang dia tumpangi dan bahkan di kendaraan khusus yang dirancang untuk medan pegunungan atau salju," kata seorang sumber kepada DailyNK .

"Ada banyak kendaraan di dalam konvoi sehingga orang tidak tahu yang mana dia berada, dan ada mobil terpisah yang berfungsi sebagai kamar mandinya."

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut