get app
inews
Aa Read Next : Usai Dikalahkan Irak, Begini Respons Justin Hubner

Ungkap Resep Kalahkan Malaysia, Shin Tae-yong: Terinspirasi Laga Korsel Lawan Jepang

Senin, 20 Desember 2021 | 07:36 WIB
header img
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong.(Foto:Dok MPI)

SINGAPURA, iNews.id – Resep apa yang dibawa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong? Seperti diketahui Timnas sukses mengalahkan Malaysia dengan skor telak 4-1 di laga terakhir Grup B Piala AFF 2020

Dia pun memuji mental bertanding anak asuhnya. Timnas Indonesia melakoni laga penentuan fase grup melawan Malaysia di Stadion National, Singapura, Minggu (19/12/2021). 

Dalam laga tersebut, Indonesia tertinggal lebih dulu lewat gol Kogileswaran Raj pada menit 13' memanfaatkan kesalahan Irfan Jaya. 

Asnawi Mangkualam dkk lalu bangkit pelan-pelan sebelum turun minum. Irfan Jaya membayar kesalahan dua kali dengan mencetak gol pada menit 36' dan 43'. 

Pada babak kedua, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Hasilnya, dua gol kembali tercipta lewat sepakan keras Pratama Arhan (50') dan tandukan bek naturalisasi, Elkan Baggott (82'). 

Sempat tertinggal dan bangkit dengan menciptakan banyak gol membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong melontarkan pujian pada anak asuhnya. Dia menilai para pemainnya telah memperlihatkan mental bertanding yang hebat meski tertinggal lebih dulu. 

"Sebelum pertandingan kami mengadakan team meeting, saya tegaskan walaupun kemasukan jangan panik dan harus melakukan permainan yang diinginkan," kata Shin Tae-yong ketika memberikan keterangan pers pascalaga. 

"Kami juga memberi semangat supaya pemain lebih percaya diri dan jangan kalah dari segi mental serta harus menang duel. Semakin lama, semakin berkembang tim ini. Jadi saya senang," ujarnya. 

Situasi tertinggal lebih dulu pernah dirasakan Shin Tae-yong kala membesut Korea Selatan pada ajang Piala Asia Timur 2017. Saat itu lawannya pun tidak mudah, yakni Jepang. 

Namun, Taeguk Warriors mampu dibuatnya bangkit dan menang dengan skor sama 4-1. 

"Saya juga memberi contoh saat saya menjadi pelatih Timnas Korea. Saat kami berlaga di kompetisi melawan Jepang pada 2017. Yang terjadi kami juga kebobolan lebih dulu, ketinggalan 0-1 dari Jepang," kata Shin Tae-yong. 

"Tapi setelah itu, pesan yang sama saya sampaikan ke para pemain. Jangan panik, tetap bermain seperti saat kami berlatih. Lalu, skor akhirnya 4-1. Hari ini, hal yang sama terjadi," ungkapnya lagi.

Indonesia pun lolos ke semifinal Piala AFF 2020 sebagai juara Grup B. Di laga berikutnya, Evan Dimas cs akan berhadapan dengan Singapura.


Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut