get app
inews
Aa Read Next : Inilah Aksi Perempuan Peduli Lingkungan yang Kumpulkan Jelantah

Sigap Hadapi Bencana, Kilang Cilacap Gelar Pelatihan 

Rabu, 08 Februari 2023 | 09:01 WIB
header img
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap gelar pelatihan hadapi bencana. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id - Sebagai daerah yang berisiko tinggi tsunami di Indonesia, Cilacap memamng harus terus waspada. Maka setiap individu harus memiliki pemahaman yang lengkap menghadapi kondisi darurat bencana. 

Inilah yang menjadi latar belakang PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menyelenggarakan Seminar & Pelatihan Keadaan Darurat pada Rumah Tangga di gedung Patra Graha, pekan lalu. Kegiatan diikuti oleh istri para pekerja Kilang Cilacap di wilayah kerja PT KPI RU IV.

Ketua Bulan PT KPI RU IV Cilacap, Rizqi Widodo menyatakan kesiapan menghadapi keadaan darurat perlu dimulai dari komponen masyarakat terkecil yakni keluarga. "Kita harus bijak menyikapi. Karena bencana apapun datangnya tak terduga. Untuk itu kita harus selalu siap siaga dan mampu menyiasatinya," ungkapnya. 

Menurutnya, pelatihan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Bulan K3 di lingkungan PT KPI RU IV tahun 2023. "Menampilkan pembicara dari internal HSSE RU IV dengan materi penanggulangan darurat bencana kebakaran di rumah tangga dan pembicara dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap yang membawakan topik penanggulangan darurat bencana gempa dan tsunami,”ujar Rizqi. 

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Wijonardi sebagai salah satu narasumber menekankan pentingnya memahami prosedur keselamatan saat terjadi gempa, ”Mulai sekarang biasakan mengamati letak pintu darurat, jalur evakuasi dan tempat titik kumpul di suatu gedung. Sebab saat gempa terjadi yang pertama harus dilakukan adalah menyelamatkan diri sendiri,”tegasnya. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut