get app
inews
Aa Read Next : PLN Indonesia Power UBP Jateng 2 Adipala Gelar Simulasi ISPS Code

Gempa Turki dan Suriah, Eks Pangdam Diponegoro: Banyak Pelajaran Dipetik dari Bencana Tersebut

Sabtu, 11 Februari 2023 | 16:35 WIB
header img
Gempa Turki dan Suriah, Eks Pangdam Diponegoro: Banyak Pelajaran dipetik dari Bencana Tersebut. Foto: Ist

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Mantan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI (Purn) Wuryanto yang juga Ketua DPW Partai Perindo Jateng ini mengatakan jika peristiwa Gempa Bumi dahsyat yang terjadi beberapa waktu lalu di Turki dan Suriah merupakan ujian terberat yang dihadapi masyarakat di negara tersebut. Apalagi, bencana tersebut menyebabkan lebih dari 23 ribu penduduk meninggal dunia dan lebih dari 24 juta orang terdampak.

"Seluruh pengurus, kader, simpatisan partai Perindo dan masyarakat Jawa tengah ikut berbela sungkawa atas musibah tersebut, dan berharap pemerintah setempat secepatnya mampu mengatasi kesulitan dan penderitaan warganya," kata Wuryanto dalam keterangannya, Sabtu (11/3/2023).

Bacaleg DPR RI dari Dapil VIII Kabupaten Banyumas dan Cilacap ini mengungkapkan, atas peristiwa di Turki dan Suriah, seluruh masyarakat dunia berduka. Mereka bahu-membahu membantu meringankan beban masyarakat Turki dan Suriah yang terdampak gempa dahsyat tersebut.

"Kita melihat bagaimana seluruh penduduk bumi berduka dan bahu membahu membantu melalui pemerintahnya masing-masing serta lembaga-lembaga sosial lainnya untuk meringankan beban masyarakat serta mempercepat proses pemulihan yang sekarang dilakukan oleh pemerintah Turki dan Suriah," jelasnya.

Lulusan Seskoad terbaik ini mengungkapkan jika pihaknya juga tidak tinggal diam ketika melihat peristiwa tersebut. Pengurus dan kader Perindo juga berusaha ikut membantu dan berpartisipasi dalam meringankan penderitaan masyarakat Turki dan Suriah.

"Banyak pelajaran yang bisa kita petik dari bencana tersebut, bahwa sifat kegotong royongan dan empati terhadap penderitaan orang lain yg muncul spontan dari seluruh penduduk dunia ini. Mestinya (hal ini) bisa dilihat oleh pemimpin-pemimpin dunia, khususnya yang saat ini sedang berkonflik, hingga menyebabkan korban yang lebih besar dari sekedar gempa bumi dahsyat di Turki tersebut," jelasnya.

Meski, semua merupakan kuasa Tuhan yang maha kuasa dan tidak ada satupun umat manusia yang bisa mencegah dan menghindarinya. Sehingga sudah sepatutnya manusia perlu selalu mawas diri dan memohon keselamatan kepada Tuhan YMK.

Ketua DPW partai Perindo Jateng ini juga menghimbau kepada masyarakat Indonesia khususnya di Jawa Tengah untuk bisa membantu meringankan beban penderitaan mereka dan mengambil hikmah yang baik dari bencana tersebut. Karena, harus disadari jika Indonesia secara geografis berada di daerah bencana yang setiap saat dapat terjadi dan menimpa.

"Kita harus tetap waspada, pandai melihat tanda-tanda alam dan menjaga lingkungan dengan baik untuk mencegah bencana yang bisa kita hadapi setiap saat. Selalu berdoa dan memohon kepada Tuhan yang maha kuasa agar terhindar dari bencana-bencana apapun," tandasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut