get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Berjarak 96 Kilometer, Hujan Abu Letusan Gunung Merapi Sampai Banjarnegara

Senin, 13 Maret 2023 | 09:08 WIB
header img
Suasananya Hujan abu mengguyur wilayah Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang saat Gunung Merapi erupsi, Sabtu (11/3/2023). Foto: Ist.

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Hujan abu tipis akibat awan panas Gunung Merapi menyelimuti Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (12/3). Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengatakan jika hujan abu ini sampai ke Kalibening, Banjarnegara yang berjarak 96 Kilometer dari Gunung Merapi.

“Yang paling jauh ini dilaporkan terjadi hujan abu tipis di Kalibening Banjarnegara, ini sekitar jarak 96 km,” kata Kepala BPPTKG, Agus Budi Santoso saat konferensi pers secara virtual dikutip, Senin (13/3/2023).

Agus mengatakan, sejak Gunung Merapi erupsi pada Sabtu (11/3), setidak tercatat sebanyak 54 awan panas guguran. Semua guguran awan panas Gunung Merapi mengarah ke Kali Bebeng atau Kali Krasak.

“Jadi kenapa kami sebut Kali Bebeng atau Kali Krasak karena ada dua cabang hulu sungai yaitu Bebeng Krasak yang itu kemudian menyatu membentuk Sungai Krasak seperti itu. Jadi dominan adalah ke arah ke arah barat laut ya, karena memang anginnya mengarah ke sana,” katanya.

Dia menjelaskan, untuk jarak luncuran dari awan panas yang paling tinggi terjadi kemarin. Meski demikian, intensitasnya mulai menurun saat ini.

Sedangkan guguran awan panas Gunung Merapi tercatat paling jauh mencapai 3,7 km dari puncak.

“Dari kejadian awan panas terjauh, yang terjadi pada hari kemarin yaitu terjadi di hulu Kali Bebeng dengan jarak sekitar 3,7 km. Jadi kemarin diperkirakan 4 km dari data drone yang dihasilkan teman-teman tadi pagi, ini ternyata belum mencapai 4 km atau untuk jarak di permukaan. Jarak peta itu 3,7 km,” ujarnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut