get app
inews
Aa Read Next : 14 Wisata Alam di Banyumas yang Bikin Romantis, Agendakan Saat Libur Lebaran

12 Gunung Tertinggi di Indonesia, Nomor 4 Jika Meletus Dapat Membelah Pulau Jawa

Kamis, 04 Agustus 2022 | 14:35 WIB
header img
Gunung Slamet merupakan Gunung tertinggi di Indonesia selalu menjadi daya tarik para pendaki yang gemar akan tantangan di alam bebas. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.idGunung tertinggi di Indonesia selalu menjadi daya tarik para pendaki yang gemar akan tantangan di alam bebas. Biasanya, dengan melakukan pendakian ke puncak gunung tertinggi di Indonesia, para pendaki akan mendapatkan kepuasan tersendiri.

Menjelang perayaan 17 Agustus, biasanya pendakian ke puncak gunung akan ramai dilakukan banyak orang. Mereka biasanya akan mengibarkan Bendera Merah Putih diatas puncak gunung tertinggi saat HUT Kemerdekaan RI.

Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak memiliki gunung, karena posisinya yang berada diantara lempeng benua. Setidaknya ada tiga lempeng tektonik, yaitu lempeng Eurasia, Australia, dan Pasifik.

Maka tak heran jika Indonesia memiliki banyak deretan gunung berapi aktf. Dilansir dari magma Indonesia, ada 127 gunung berapi. Dari jumlah tersebut, 66 di antaranya gunung api aktif dengan level 1 (normal) 47 gunung, 16 level II dan 5 gunung berada di level III.

Lalu, mana saja Gunung Tertinggi di Indonesia? Berikut deretannya:

1. Gunung Jaya Wijaya

Gunung tertinggi di Indonesia no 1 adalah Jaya Wijaya yang terletak di provinsi Papua. Gunung ini memiliki puncak bernama Carstensz yang memiliki ketinggian 4.884 meter dari permukaan laut. 

Menariknya lagi, ada hamparan salju abadi di beberapa tempat di pegunungan ini. Jika kamu ingin mengibarkan Merah Putih di puncaknya, maka akses normal yang bisa dilewati adalah dari Ilaga dan Sugapa.

2. Gunung Rinjani

Apakah nama gunung tertinggi yang ada di Indonesia selanjutnya? Jawabannya adalah Gunung Rinjani. Gunung yang terletak Nusa Tenggara Barat ini memiliki ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut