get app
inews
Aa Read Next : Presiden BEM Unsoed Kenaikan UKT Bisa Tembus 300-500 Persen, Fakultas Peternakan Jadi Rp14 Juta

Keren, Mahasiswa Unsoed Raih Prestasi Internasional Lewat Sabun dari Ampas Tahu

Jum'at, 24 Maret 2023 | 08:43 WIB
header img
Sebuah prestasi internasional ditorehkan oleh para mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsped) Purwokerto dari lintas fakultas dan program studi di Malaysia Technology Expo 2023. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Sebuah prestasi internasional ditorehkan oleh para mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dari lintas fakultas dan program studi.

Tim Unsoed meraih dua prestasi sekaligus. Pertama "Gold Medal: The Category of Protection of Environment, Energy, Water and Sanitation”, dan yang kedua "Special Award of Promising Young Entrepreneur by National STEM Association" pada kompetisi bergengsi Malaysia Technology Expo 2023.

Event tersebut berlangsung pada 16-18 Maret 2023 dan bertempat di Putra World Trade Center (WTC) Kuala Lumpur, Malaysia. 

Tim Unsoed diketuai oleh Egi Bachtiar pernah juga meraih Silver Medal of KIDE Taiwan (Kaohsiung Invention and Innovation Design Expo) tahun 2022. Egi bersama kawan-kawannya mendapat bimbingan dosen Unsoed Rahayu Widiyanti.

Tim Unsoed mengangkat inovasi berjudul "HEBE Soap: Organic & Antioxidant Body Soap Made from Soybean Dregs to Utilize Tofu Waste in Kalisari Village, Banyumas, Indonesia". Egi menjadi ketua dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis/FEB.

Tim ini beranggotakan 6 orang yakni Maulana Hasbi Asshidiq (Fakultas Peternakan/Fapet), Muhammad Farhan Daud (Fapet), Heni Fatmayanti (FEB), Rachel Sekar Vini Utami (FISIP), Ria Rohayati (Fakultas Pertanian), dan Annisa Tiara Qurrota A'yun (FEB).

Egi yang juga Ketua Aspikmas Academy 2022-2023 mengatakan setelah melalui berbagai tahapan dan seleksi penilaian selama lima (5) bulan, mulai dari pembentukan tim, proses produksi, hingga perancangan proses pemasaran dan komersialisasi, 

“Tim Unsoed berhasil bersaing dengan 149 tim lain yang datang dari berbagai negara di Asia maupun Eropa seperti Singapura, Prancis, Saudi Arabia, China, Hong Kong, Inggris, Iran, dan Swedia,”katanya.

Menurutnya, prestasi tersebut merupakan sebuah kebanggaan bagi Unsoed, karena tim memperoleh kesempatan untuk memperkenalkan potensi ampas tahu di Desa Kalisari, Banyumas, hingga memperoleh apresiasi yang tinggi di kancah internasional. 

"Untuk kendala dalam perlombaan ini, mungkin perlu adanya keberanian tinggi untuk mengikuti lomba di tingkat internasional," ungkap Egi.

Egi menambahkan, "Karena butuh persiapan yang cukup panjang supaya bisa lolos di setiap tahapan kompetisi, sebenarnya cukup melelahkan, tetapi kita tetap berusaha sampai akhir untuk hasil yang maksimal." 

Perjuangan tidak mengkhianati hasil, setelah berbulan-bulan mempersiapkan perlombaan ini, tim Unsoed kembali dengan mengantongi dua prestasi bergengsi sekaligus.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut