get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2024, Cek Sekarang dan Nikmati Mudik ke Kampung Halaman

Evakuasi Mobil Fortuner Masuk Jalur KA di Sumpiuh Berhasil Dilakukan, Kereta Api Kembali Lancar

Rabu, 19 April 2023 | 13:09 WIB
header img
Evakuasi Mobil Fortuner Masuk Jalur KA di Sumpiuh Berhasil Dilakukan, Jalur Kereta Api Kembali Lancar. Foto: Arbi Anugrah

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Jalur kereta api petak Tambak-Sumpiuh di Kabupaten Banyumas yang terdampak akibat adanya sebuah mobil yang terperosok di jembatan sudah dapat dilalui. Tepat pada pukul 11.42 WIB, mobil berhasil dievakuasi dan jalur kereta api menuju Jakarta sudah dapat dilalui.

"Alhamdulilah pada siang hari ini evakuasi mobil yang sempat melintang di jembatan petak Tambak-Sumpiuh telah bisa di evakuasi pada pukul 11.42 WIB. Saat ini jalur hilir sudah bisa dilalui untuk operasi perjalanan kereta api," kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Krisbiyantoro di lokasi, Rabu (19/4/2023).

Dia mengatakan jika setelah proses evakuasi, petugas dari jalan rel dan jembatan memeriksa kelayakan jembatan untuk dapat dilalui Kereta Api. "Petugas jalan rel dan jembatan menyatakan bahwa masih layak untuk perjalanan kereta api. Ada penggantian bantalan yang cacat, tapi itu tidak menghalangi untuk perjalanan kereta api saat ini dan tetap bisa dilalui," ujarnya.

Dia juga mengungkapkan jika proses evakuasi berjalan cukup lama sejak kejadian pada pukul 03.19 WIB hingga pukul 11.42 WIB. Hal ini disebabkan posisi jembatan yang sangat sulit untuk menarik kendaraan.

"Dikarenakan posisi di jembatan juga untuk mengambil posisi menarik, sempat awal mula dilakukan evakuasi dengan menggunakan derek, tetapi tidak berhasil dan akhirnya kita menggunakan kekuatan lokomotif yang didatangkan dari stasiun Maos," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, para penumpang minibus jenis Fortuner Nopol B 1549 NCQ masuk ke dalam jalur rel kereta api (KA) di Sumpiuh, Banyumas. Ternyata memang sopirnya yang sengaja masuk ke jalur rel.

Bahkan, di sepanjang perjalanan, sopir minibus tersebut bilang, biar mati semuanya. Keanehan itu terjadi ketika kendaraan yang membawa 9 orang tersebut masuk di Sumpiuh, Banyumas pada Rabu (19/4/2023) dinihari.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut