get app
inews
Aa Read Next : Lazio Disarankan Jurnalis Italia beli Pratama Arhan, Ini Respons PSIS Semarang

Inilah Lorenzo Insigne, Penyihir Mungil Italia yang Porak-porandakan Belgia

Sabtu, 03 Juli 2021 | 10:15 WIB
header img
Profil striker Timnas Italia Lorenzo Insigne yang berhasil mengacak-ngacak Belgia pada perempat final Euro 2020. (Foto: Reuters)

MUNICH, iNews.id - Striker Timnas Italia Lorenzo Insigne jadi sorotan. Dia membantu Gli Azzurri mengacak-ngacak Belgia dan menang 2-1 pada perempat final Euro 2020 di Allianz Arena, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB.

Pelatih Gli Azzurri Roberto Mancini kembali memainkan formasi 4-3-3 di laga tersebut. Insigne menempati posisi winger kiri dan bekerja sama dengan Ciro Immobile dan Federico Chiesa.

Nicolo Barella berhasil mencetak gol pembuka Italia pada menit ke-31.

Insigne tak mau kalah. Italia mengalahkan Belgia 2-1 pada perempat final Euro 2020, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Di semifinal Gli Azzurri akan berhadapan dengan Spanyol.

Kapten Napoli itu juga turut menyumbang gol indah 13 menit kemudian. Insigne melihat celah di pertahanan Belgia lalu melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dihalau kiper Thibaut Courtois.

Sementara Belgia bisa memperkecil kedudukan jelang babak pertama usai. Romelu Lukaku yang jadi aktornya. Pemain Inter Milan itu mencetak gol dari titik putih. Usai laga Insigne terpilih sebagai star of the match. Sebab dia memberikan banyak kontribusi sepanjang 79 menit sebelum digantikan Domenico Berardi.

“Dia (Insigne) menentukan permainan, memainkan umpan brilian, menunjukkan kecerdasan sepak bola dan teknik level tertinggi,” kata Pengamat Teknis UEFA Willi Ruttensteiner.

Insigne lahir di Frattamaggiore, Napoli, 4 Juni 1991. Dia mengawali karier di Olimpia Sant' Apirno.

Penyerang mungil berpostur 163 cm itu diakuisisi Napoli pada 2006. Insigne belajar banyak bersama klub yang dijuluki I Partenopei itu. Kegigihannya membuahkan hasil. Insigne akhirnya dipercaya untuk memperkuat tim senior pada 2009.

Sayangnya dia tak langsung mendapat tempat di skuat utama. Insigne sempat dipinjamkan ke klub guram seperti Cavese, Foggia dan Pescara sebelum akhirnya kembali ke Napoli pada musim 2012/2013. Di periode tersebut dia mulai mendapat kepercayaan bermain rutin.

Hingga kini ayah dua anak itu menjadi andalan Napoli di lini serang.

Total dia sudah bikin 109 gol dari 397 pertandingan di semua ajang. Prestasi terbaiknya membawa Klub Kota Pelabuhan itu juara Coppa Italia dua kali dan Piala Super Italia.

Beralih ke level negara. Insigne memperkuat Gli Azzurri di beberapa kelompok umur yaitu U-20 dan U-21.

Dia pernah membawa negaranya jadi runner-up Euro U-21 pada 2013. Sebelumnya dia juga sempat dipanggil ke timnas senior pada 2012 saat dilatih Cesare Prandelli. Saat itu usianya masih 21 tahun.  Kompetisi elite pertama yang diikutinya adalah Piala Dunia 2014.

Total hingga kini Insigne sudah mencetak 10 gol dari 45 caps bersama Italia. Pundi-pundi golnya masih bisa terus bertambah. Italia akan jumpa Spanyol pada semifinal Euro 2020 di Wembley, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut