get app
inews
Aa Read Next : Program Sigopar Dinas PSDA Cilacap Siap Atasi Kerusakan Minor pada Daerah Irigasi

Misteri Gunung Srandil di Cilacap, Banyak Petilasan dan Cerita Nini Rondo

Minggu, 14 Mei 2023 | 11:30 WIB
header img
Gunung Srandil merupakan salah satu bukti sejarah yang sangat terkenal di Indonesia dan juga di dunia. (Foto: Dok Pemkab Cilacap)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Gunung Srandil merupakan salah satu bukti sejarah yang sangat terkenal di Indonesia dan juga di dunia. Sebagian orang, Gunung Srandil penuh misteri. Bukit ini terletak di Desa Glempang Pasir, Kecamatan Adipala dengan jarak sekitar 30 Km ke arah timur laut dari Kota Cilacap dan mudah dijangkau dengan kendaraan.

Mengutip situs Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Pemkab Cilacap, orang datang berkunjung ke Gunung Srandil untuk berziarah karena tempat ini terkenal bukan hanya di kalangan masyarakat lokal, tetapi juga di luar Jawa seperti Sumatra, Kalimantan, Bali dan Sulawesi. Tujuan dari para pengunjung beragam, terutama untuk berziarah pada Malam Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon pada Bulan Syura.

Menurut legenda, penghuni pertama Gunung Srandil adalah Sultan Mukhriti, putra kedua dari Dewi Sari Banon Ratu Sumenep Jawa Timur. Sultan ini datang untuk bertapa, tetapi kemudian menghilang, sehingga yang tersisa hanyalah petilasannya yang terletak di sebelah timur dan dikenal sebagai Embah Gusti Agung Sultan Mukhriti.

Gunung Srandil memiliki beberapa petilasan lainnya seperti Mbah Kanjeng Gusti Agung, Nyai Dewi Tanjung Sekarsari, Kaki Semar Tunggul Sabdojati Dayo Amongrogo, Juragan Dampo Awang dan Petilasan Langlang Buwana yang berada di atas bukit serta petilasan Hyang Sukma Sejati.

Meskipun pada awalnya Gunung Srandil di Cilacap dianggap sebagai kisah dongeng atau mitos, namun kini menjadi terkenal karena pengalaman dan kisah para peziarah yang datang dari berbagai daerah, bahkan luar Jawa. Gunung Srandil yang terletak di tepian Pantai Selatan Jawa Cilacap merupakan sebuah bukit karang yang sangat tinggi.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut