get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Minat Baca Masyarakat Cilacap Rendah, Ini yang Dilakukan Pemkab

Kamis, 18 Mei 2023 | 10:02 WIB
header img
Ternyata ranking minat baca masyarakat Cilacap masih rendah jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Jawa Tengah. Makanya Pemkab gelar acara PLC. (Foto: Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id-Ternyata ranking minat baca masyarakat Cilacap masih rendah jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya di Jawa Tengah. Dari 35 kabupaten/kota di Jateng, Cilacap menduduki ranking 25.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap (Arpusda) Achmad Fauzi mengakuik jika minat baca masyarakat di Kabupaten Cilacap masih rendah. 

“Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Pekan Literasi Cilacap (PLC) tahun 2023. PLC berlangsung selama 5 hari, dimulai pada hari Rabu (17/5/2023) hingga Minggu (21/5/2023), dan berlokasi di Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap,”ujarnya.

DIa menjelaskan bahwa PLC juga diadakan dalam rangka memperingati Hari Buku yang ke-43 dan Hari Kearsipan yang ke-52. Menurut UNESCO, Indonesia berada di peringkat kedua terendah dalam hal literasi.

"Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah, hanya sebesar 0,001%. Ini berarti hanya 1 dari 1000 penduduk Indonesia yang senang membaca. Di bidang kearsipan, Kabupaten Cilacap termasuk dalam kategori rendah dan berada di peringkat ke-25 dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah pada tahun 2022,”katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Awaluddin Muuri, menyambut baik penyelenggaraan PLC 2023 dan berharap PLC dapat meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya anak-anak, sehingga mereka menjadi lebih cerdas.

"Acara ini memberikan kesempatan luas bagi masyarakat untuk mencintai membaca buku. Harapannya, minat baca masyarakat kita, terutama anak-anak, dapat terus meningkat. Saya berharap minat baca di Cilacap tinggi sehingga anak-anak kita semakin cerdas," ujar Awaluddin, yang hadir mewakili Penjabat Bupati Cilacap dalam pembukaan PLC 2023.

PLC 2023 disemarakkan dengan bazaar buku oleh Gramedia, serta lomba reels dan lomba mewarnai. Dalam pembukaan PLC, dilakukan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh penyandang tunanetra sebagai hasil dari kegiatan Pelayanan Literasi Tunanetra (PELITA), dan juga pertunjukan tari oleh peserta kelas menari dari Perpusda Cilacap.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut