get app
inews
Aa Read Next : Tinggal Seorang Diri, Perempuan Paruh Baya di Purbalingga Ditemukan Meninggal Dunia

Hebat! Tim Robotik MTs di Purbalingga Berjaya di Kompetisi Robotik, Ada Robot Pengering Mi Ganyong

Jum'at, 09 Juni 2023 | 18:21 WIB
header img
Hebat! Tim Robotik MTs di Purbalingga Berjaya di Kompetisi Robotik, Ada Robot Pengering Mi Ganyong. Foto: Dok MTs Minhajut Tholabah

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Minhajut Tholabah, Kembangan, Bukateja, Kabupaten Purbalingga berhasil menorehkan prestasi dalam kompetisi robotik. Seperti kompetisi bergengsi di Malaysia, mereka berhasil mendapatkan pengakuan atas kemampuan serta inovasi yang ditampilkan dalam menghadapi tantangan robotika yang kompleks.

"Prestasi terbaru pada Februari 2023 di ajang Asian Junior Robotic Cup (AJR) yang diadakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Tim yang terdiri dari Abimanyu Cahya Suryananda, Abivandya Ali Rahmandaru, dan Pandu Verdiyan Zallu Hutama berhasil meraih medali perunggu," kata Zulfatul Faizah guru pembimbing ekstrakulikuler robotik MTs Minhajut Tholabah dalam keterangannya, Jumat (9/6/2023).

Tak berhenti di situ, pada Kompetisi Sains Muslim Indonesia (KoSSMI) yang diadakan di Universitas Indonesia pada Mei 2023 lalu, tim yang terdiri dari Aliyah Jariyah Putri dan Lutfi Dwi Nur Rahmah juga berhasil meraih medali perunggu dalam kategori Robotik.

Menurut Zulfatul Faizah, robot yang dibuat adalah Robobox (Robot of Black Box Solar Dryer) atau Robot Pengering Mi Ganyong (Minyong). Menurutnya, Desa Kembangan dan sekitarnya merupakan sentra penghasil Minyong.

Dengan latar belakang kekayaan lokal tanaman umbi ganyong ini, siswa MTs Minhajut Tholabah membuat kreasi robot yang berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan Minyong.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut