get app
inews
Aa Read Next : Amerika Serikat akan Akui Negara Palestina Ikuti Inggris, Semoga Bukan Basa-basi!

Purbalingga Ekspor Gula Merah Kristal ke Amerika Serikat, Tingkatkan Kesejahteraan Petani Nira

Kamis, 22 Juni 2023 | 16:29 WIB
header img
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melepas ekspor gula merah kristal sebanyak 25 ton ke Amerika Serikat. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melepas ekspor gula merah kristal sebanyak 25 ton ke Amerika Serikat. Ekspor gula merah kristal produksi CV. Bunga Palm Purbalingga merupakan yang keempat kalinya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Purbalingga, Johan Arifin yang melakukan pelepasan gula merah kristal ini juga berpesan untuk senantiasa menjaga kualitas produk dan kepercayaan dari buyer. Ia berharap dengan adanya pemasaran ke luar negeri selain bisa meningkatkan devisa negara, tapi juga semakin meningkatkan kesejahteraan para petani nira di Purbalingga.

“Jaga kualitas, jaga kepercayaan, artinya ini sudah yang keempat kali, produk kita sudah diakui,” kata Johan di Pendopo Dipokusumo, Kamis (22/6/2023).

Selain ekspor gula merah kristal, dalam acara tersebut dikatakan Dikta Zanwar (26), executive board CV. Bunga Palm Purbalingga juga ada pembagian 1.000 bibit pohon kelapa jenis gajah entok, wajan stainless steel, dan polis asuransi bagi petani nira. Dia juga mengatakan saat ini ada 300 hingga 400 petani nira binaan CV. Bunga Palm.

Muksin Kamal, petani nira asal Desa Tangkisan Kecamatan Mrebet Purbalingga yang telah 25 tahun berprofesi sebagai penderes mengatakan dengan adanya ekspor ini harga gula merah yang ia hasilkan bisa dihargai lebih tinggi. Ia berharap dengan ekspor bisa menambah semangat para petani nira untuk terus menghasilkan gula merah yang berkualitas.

“Semoga dengan acara ini bisa memotivasi kepada kami petani atau penderes gula kelapa dan mudah-mudahan nantinya akan generasi penerusnya,” pungkasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut