get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2024, Cek Sekarang dan Nikmati Mudik ke Kampung Halaman

Masa Libur Sekolah, Daop 5 Purwokerto Himbau Masyarakat Tak Bermain di Jalur Kereta Api

Minggu, 25 Juni 2023 | 12:23 WIB
header img
Masa Libur Sekolah, Daop 5 Purwokerto Himbau Anak-anak Tak Bermain di Jalur Kereta Api. Foto: Dok Humas Daop 5 Purwokerto

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Memasuki masa libur sekolah, PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto meminta masyarakat untuk mewaspadai sejumlah potensi kerawanan di sepanjang jalur Kereta Api (KA). Khususnya di jalur perlintasan sebidang.

Vice President Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan hal ini penting menjadi perhatian masyarakat, mengingat anak-anak sering kali bermain di sepanjang jalur kereta api untuk menghabiskan waktu libur sekolah. Terutama pada waktu pagi dan sore hari sambil melihat kereta lewat.

”Kerawanan dapat dipicu adanya aktivitas masyarakat di sekitar jalur kereta api yang membahayakan perjalanan kereta," kata Daniel dalam keterangannya, Minggu (25/6/2023). 

Dia mengatakan, yang perlu diwaspadai adalah sejak diberlakukannya perubahan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) baru per 1 Juni 2023, beberapa perjalanan KA menambah kecepatan hingga 120 km/jam. Sehingga potensi kerawanan paling tinggi adalah kecelakaan di perlintasan sebidang.

Ditambah masih cukup rendahnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas diperlintasan Kereta Api, sehingga kerap terburu-buru saat melewati pelintasan dan tidak mengindahkan rambu-rambu peringatan yang telah terpasang dan disampaikan oleh petugas jaga.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut