get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Wapres dan Menteri Kelautan dan Perikanan Panen Udang di Kebumen, Ini Hasilnya

Selasa, 27 Juni 2023 | 06:38 WIB
header img
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melakukan panen udang vannamei di Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Kebumen. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id-Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melakukan panen udang vannamei di Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) di Kebumen, Jawa Tengah pada Senin (26/6/2023). Keberhasilan tambak modern terbesar di Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas budidaya udang secara nasional.

"Wapres Ma'ruf Amin menyatakan bahwa kegiatan panen udang hari ini merupakan momen penting untuk mendukung pertumbuhan sektor perikanan Indonesia, khususnya dalam budi daya udang.

Menurutnya, model Budidaya Udang Berbasis Kawasan ini merupakan terobosan dalam pengelolaan tambak udang yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Penguatan dari hulu hingga hilir diakui penting untuk menjadikan Indonesia sebagai pemain besar dalam industri dan ekspor komoditas udang.

"Program ini juga dapat menjadi laboratorium nyata untuk menguji strategi penguatan dalam pengelolaan budidaya udang dari hulu sampai ke hilir, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara optimal," paparnya.

Sementara itu, Menteri Sakti Wahyu Trenggono menjelaskan bahwa jumlah udang yang dipanen hari ini diperkirakan mencapai 249 ton dengan rata-rata ukuran 40 ekor per kilogram. Sehingga total udang yang telah dipanen sejak diresmikan pada 9 Maret 2023 oleh Presiden Joko Widodo mencapai 280 ton. Sebelumnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah melakukan dua kali panen parsial, masing-masing sebanyak 14,5 ton dan 20 ton.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut