get app
inews
Aa Read Next : Kisah Indah Rasakan Manfaat UHC Pemkab Purbalingga untuk Buah Hatinya

Pemkab Purbalingga Dukung Hijrah Utama yang Maju Lomba Penyuluh Kehutanan Nasional

Kamis, 06 Juli 2023 | 07:29 WIB
header img
Pemkab Purbalingga memberikan dukungan kepada seorang Penyuluh Kehutanan di Purbalingga bernama Hijrah Utama, dalam Lomba Wana Lestari Kategori Penyuluh Kehutanan PNS Tingkat Nasional Tahun 2023. (Foto: Istimewa)

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id-Pemerintah Kabupaten Purbalingga memberikan dukungan kepada seorang Penyuluh Kehutanan di Purbalingga bernama Hijrah Utama, dalam Lomba Wana Lestari Kategori Penyuluh Kehutanan PNS Tingkat Nasional Tahun 2023. 

Hijrah, yang bertugas di Kecamatan Karangmoncol dan Kaligondang, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam pemberdayaan masyarakat sekitar hutan dan upaya pelestarian lingkungan.

"Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda, Agus Winarno, mengungkapkan bahwa kami sepenuhnya mendukung karena kami merasakan peran penting penyuluh kehutanan dalam menjaga kelestarian hutan di Purbalingga," ujar Agus saat menerima Tim Verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK) di Sekretariat Kelompok Tani Hutan (KTH) Madya Utama Desa Tunjungmuli pada Rabu (05/06/2023).

Menurutnya, setiap tahun wilayah Kabupaten Purbalingga mengalami dampak kerusakan hutan. "Setiap tahun, jalur dari Desa Kramat ke Sirau mengalami tanah longsor akibat hilangnya vegetasi yang keras dan kerusakan hutan yang terjadi," tambahnya.

Selain itu, debit sungai-sungai di Purbalingga juga menurun dengan cepat akibat kerusakan daerah penyangga air. "Kami tentu mendukung dan mengajak semua pihak untuk menjaga kelestarian hutan, dan kami berharap Hijrah Utama, sebagai penyuluh kehutanan, terus berperan aktif dalam upaya pelestarian hutan kita," sambung Agus.

Sementara itu, Ulfah, perwakilan Tim Verifikasi Lapang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK), mengapresiasi kontribusi Hijrah Utama. Menurutnya, Hijrah telah menghasilkan inovasi dalam pemberdayaan masyarakat hutan, seperti pendampingan dalam usaha budidaya glagah arjuna, kopi, kapulaga, dan penggunaan metode augment reality untuk penyuluhan.

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut