get app
inews
Aa Read Next : Mantan Wakil Bupati Sadewo Tri Lastiono Ambil Formulir Pendaftaran Cabup

Wabup Sadewo Serahkan Antropometri Kit untuk Posyandu, Bisa Deteksi Dini Stunting

Sabtu, 08 Juli 2023 | 10:39 WIB
header img
Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, secara simbolis menyerahkan alat antropometri kit kepada tiga Posyandu. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, secara simbolis menyerahkan alat antropometri kit kepada tiga Posyandu.

Yaitu Karangklesem, Pamijen, dan Purbadana, pada Jumat (7/7/2023) di Pendopo Wakil Bupati.

Sadewo menjelaskan bahwa antropometri kit merupakan paket alat yang digunakan untuk menilai ukuran, proporsi, dan komposisi tubuh manusia. Alat ini penting dalam mendeteksi kondisi stunting pada anak yang telah diakui oleh standar Kementerian Kesehatan.

"Banyumas menjadi Kabupaten pertama yang menerima bantuan antropometri sebanyak 156 pada tahun 2022, dan 1751 pada tahun 2023, untuk 2547 posyandu di Banyumas," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pada semester kedua, Banyumas akan mengajukan permohonan bantuan antropometri lagi, sehingga diharapkan semua Posyandu dapat memiliki alat tersebut pada tahun ini.

Kepala Dinas Kesehatan Banyumas, Widya Grehastuti, mengungkapkan bahwa dengan adanya alat ini, data pengukuran bayi dan balita di lapangan akan lebih valid, sehingga dapat menjadi dasar yang tepat dalam pengambilan kebijakan.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut