get app
inews
Aa Read Next : Ketika Inacraft 2024 Perkenalkan Brand Fashion Lokal Banyumas Dejarumi ke Mata Dunia

Manfaatkan Lemon dan Madu, UMKM di Purbalingga Pasarkan Kelemon Minuman Segar Dan Sehatkan Tubuh

Minggu, 09 Juli 2023 | 16:01 WIB
header img
Tidak ada yang meragukan lagi manfaat kesehatan dari buah lemon, apalagi jika dipadukan dengan madu untuk dijadikan sebuah minuman. Foto: Dok Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, iNewsPurwokerto.id - Mencari minuman segar tanpa pemanis buatan kerap dicari sebagian orang. Apalagi minuman tersebut merupakan minuman yang menyehatkan karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Salah satunya yakni produk UMKM di Kabupaten Purbalingga yang kini makin populer. Minuman yang diproduksi oleh Chandra Dwi (28) pemuda yang tinggal di Jalan Beringin III No. 14 Perumahan Bojong Purbalingga ini memanfaatkan buah lemon dan madu menjadi minuman segar dengan merk Kelemon.

Tidak ada yang meragukan lagi manfaat kesehatan dari buah lemon, apalagi jika dipadukan dengan madu untuk dijadikan sebuah minuman. Chandra mengatakan jika awal ia memiliki ide membuat minuman ini berawal dari kebiasaan orangtuanya yang mengonsumsi herbal untuk menjaga kesehatan. 

Sebagai generasi muda dia pun merasa prihatin dengan berbagai minuman yang banyak beredar dan menjadi favorit, namun terbuat dari pemanis buatan. Sehingga ia mencoba untuk membuat minuman herbal kekinian yang bisa diterima masyarakat namun menyehatkan.

"Kelemon merupakan minuman herbal kekinian, manisnya murni dari madu dan rasanya disesuaikan agar disukai," kata Chandra kepada wartawan, Minggu (9/7/2023).

Chandra mengatakan, usaha yang dirintis sejak Juni 2022 ini beberapa kali diikutkan dalam event Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melalui Dinkopukm dan selalu habis terjual. Saat ini dia mampu memproduksi 300-500 botol Kelemon dengan harga Rp18 ribu rupiah untuk rasa original dan 20 ribu rupiah untuk Kelemon Saffron Supernegin.

"Pemasaran melalui reseller, marketplace paxel, ig (@kelemonsegar), dan sudah sampai Jakarta, Semarang, Cirebon, serta Bogor," pungkasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut