get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Tampilkan Tari Ngangon, Siswi SD di Baturraden Banyumas Raih Juara 1 FLS2N Jawa Tengah

Jum'at, 14 Juli 2023 | 18:40 WIB
header img
Tampilkan Tari Ngangon, Siswi SD di Baturraden Banyumas Raih Juara 1 FLS2N Jawa Tengah. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

BANYUMAS, iNewsPurwokerto.id - Siswi Sekolah Dasar (SD) Negeri Karangmangu, Kecamatan Baturraden berhasil meraih prestasi menjadi Juara 1 di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Jawa Tengah. Para siswi tersebut menjadi juara setelah membawakan Tari Ngangon.

Kepala Sekolah SD Negeri Karangmangu, Indi Astuti mengatakan jika penetapan pemenang tersebut tertuang dalam surat yang dikirimkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah.

"Alhamdulillah anak anak kami menjadi Juara 1 Kategori Tari pada Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Jawa Tengah Tahun 2023," kata Indi dalam keterangannya, Jumat (14/7/2023).

Menurut Indi, dalam festival tersebut, SD Negeri Karangmangu menunjuk tiga orang siswinya untuk menampilkan Tari Ngangon. Ketiga siswi tersebut diantaranya yakni Janeeta Kusuma Zaafarani, Dizyel Affrin Mezzaluna dan Zhirena Chika Anindya Putri bersama dengan pembina Dwi Rahayu dan Siti Fatonah.

"Kata “Ngangon” berasal dari kata “Angon”. Angon memiliki arti menggembala, dan masyarakat Baturraden khususnya yang berada di dataran tinggi sebagian besar bermata pencaharian ternak sapi. Tari Ngangon ini menceritakan tentang gadis kecil yang sedang bermain diantara ilalang sambil angon sapi," jelasnya.

Untuk dapat memperoleh kesuksesan tersebut, lanjut Indi, bukanlah hal yang mudah dilakukan. Sebab, semua itu harus diimbangi dengan semangat dan perjuangan dari semua pihak.

“Untuk meraih juara 1 lomba tari tersebut diperlukan pengorbanan dari para guru dan siswa yang mengikuti lomba. Khususnya soal waktu dan kedisiplinan. Jika semua itu tidak dilakukan, maka tidak mungkin bisa terlaksana dengan baik, bahkan kami mendatangkan pelatih dari Sanggar Kijang Kencana Karang Tengah yang dipimpin oleh Mas Sigit,” ujarnya.

Indi berharap prestasi yang saat ini diraih para siswinya tidak berhenti sampai di sini. Akan tetapi dapat berlanjut pada FLS2N tingkat Nasional.

“Harapan pada FLS2N tingkat Nasional anak anak dapat menunjukan peforma terbaik dan akan kembali menjadi juara,” pungkasnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut