get app
inews
Aa Read Next : Tabligh Akbar Sambut Tahun Baru Islam, Busyro Muqoddas Menyapa Umat Lewat Pengajian

Kapan Malam 1 Suro 2023? Sejarah dan Keistimewaan bagi Orang Jawa

Minggu, 16 Juli 2023 | 18:13 WIB
header img
Kapan malam 1 Suro 2023, yang pada kalender Hijriah bersamaan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram. Foto: Dok iNews.id

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Kapan malam 1 Suro 2023, yang pada kalender Hijriah bersamaan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram. Malam 1 Suro 2023 sendiri jatuh pada Selasa, 18 Juli 2023 malam, sehingga 1 Muharram akan jatuh pada Rabu, tanggal 19 Juli 2023.

Bagi masyarakat Jawa, malam 1 Suro merupakan hari yang sakral dan keramat. Sebab, malam 1 Suro dalam kalender Jawa merupakan perwujudkan akulturasi dalam sistem kalender.

Dikutip dalam buku 'Sejarah' yang diterbitkan oleh Yudhistira, kalender baru tersebut mulai berlaku pada tanggal 8 Juli 1633, atau bertepatan dengan 1 Muharram 1403 H.


Prosesi kebo bule sebelum diarak dalam Kirab Malam 1 Suro di Solo. (Foto: doc. Ahmad Antoni)

 

Maka dari itu, keistimewaan malam 1 Suro adalah bersamaan dengan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram. Sehingga, kalender Jawa tersebut kemudian disesuaikan dengan nama-nama bulan dalam tahun Hijriyah.

Dalam buku 'Adiluhung' yang diterbitkan oleh Danista Perdana, perayaan malam 1 Suro bagi masyarakat Jawa memiliki keistimewaan, seperti di Surakarta (Solo), malam 1 Suro dirayakan dengan arakan kirab yang membawa serta kebo bule (kerbau putih). Kehadiran kerbau bule tersebut menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut