Dua Kapal Angkutan Sungai Serayu di Banyumas Segera Beroperasi

Aryo Rizqi
.
Jum'at, 14 Januari 2022 | 21:01 WIB
Dua kapal milik Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu (PMPS) akan segera berlayar dari Dermaga Tambaknegara Rawalo pada Minggu (16/01) lusa. (Foto : Ketua PMPS Edi Wahono)

PURWOKERTO, iNews.id – Pemkab Banyumas yang terus mendorong dan menfasilitasi berkembangnya Angkutan Serayu Banyumas (Angsamas). Dua kapal milik Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu (PMPS) akan segera berlayar dari Dermaga Tambaknegara Rawalo pada Minggu (16/01) lusa.

Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Taryono mengatakan pihaknya masih terus melakukan pembinaan terhadap Angsamas, dimana dulu sudah diujicoba oleh Bupati Banyumas namun karena pandemi sehingga sempat berhenti.

“Kemarin di akhir Desember kita sudah melaksanakan pelatihan pembekalan keselamatan kepada awak perahu bagi paguyuban di Papringan dan Tambaknegara dan Alhamdulillah setelah kami berkomunikasi dengan Paguyuban Masyarakat Pariwisata Serayu atau PMPS yang prinsipnya melanjutkan rencana terdahulu,” katanya Jumat (14/01/2022).

Berdasarkan rencana PMPS akan menurunkan perahu di Dermaga Tambaknegara dan mulai bisa terealisir.

“Insya Allah nanti di hari Minggu tanggal 16 Januari 2012 pagi akan diluncurkan dua perahu baru dari PMPS di Sungai Tambaknegara dimana masing-masing kapal tersebut berkapasitas 14 dan 15 penumpang dengan menggunakan mesin tempel berkapasitas 40 dan 50 PK,” lanjut Taryono

Taryono menambahkan bahwa pihaknya terus berupaya agar Angsamas menjadi pemberdayaan masyarakat. Melalui Angsamas diharapkan ekonomi masyarakat bisa bangkit dan berkembang. 

“Hingga kini, total kapal yang sudah melayani angkutan Serayu ada tiga kapal. Satu ada di papringan milik BUMDes Papringan. Dua milik BUMDes Tambaknegara,” tambahnya.

Pemkab Banyumas juga sudah menyiapkan anggaran untuk pengembangan. Ada dua yaitu Rp 1,1 miliar untuk kolam labuh yang digunakan untuk tempat menyimpan kapal di halte Tambaknegara, selain itu ada anggaran untuk pengadaan kapal Katamaran.

Di tempat terpisah Ketua PMPS Edi Wahono menyatakan kesiapanya untuk menurunkan dua kapal

“Mudah-mudahan Sabtu-Minggu (15-16/1/2022), 2 perahu dengan kapasitas 15 dan 14 penumpang atau sesuai tempat duduk dengan mesin tempel 50 dan 40 pk, akan saya turunkan ke Sungai Serayu," kata Edi

Kedepannya Edi bersama PMPS masih menyiapkan 2 kapal lagi yang lebih besar dengan kapasitas 40 penumpang.

“Mudah-mudahan bisa segera menyusul kapal dengan 40 penumpang, kapal ini double deck, plus toilet, dapur, dan speed boat 4 penumpang,” katanya

Edi menambahkan sebelum pelayaran pertama, pihaknya berencana akan menggelar “Tumpengan” untuk makan bersama dangan “Tumpeng Berkah” di atas perahu yang rencana digelar Sabtu pagi (15/01) besok.

“Kami masih melakukan persiapan, dengan memasang atap dan memasang nomor lambung perahu, penyiapan life jacket dan lainya. Kami juga berencana memasang solar cell agar perahu bisa berlayar atau susur sungai malam hari,” jelas Edi 

Hal ini tentu akan semakin membuat angkutan Serayu Banyumas semakin berkembang. Belum lagi ditambah dengan rencana pemkab membeli kapal berjenis Katamaran, serta membuat kolam labuh. 

 

 

Editor : Aryo Arbi
Bagikan Artikel Ini