get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Luncurkan KKBC Masuk Desa, Gaet Pekerja Informal di Pedesaan

BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Kecamatan Cilongok Perluas Kepesertaan

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 20:19 WIB
header img
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus berupaya meningkatkan coverage kepesertaan. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus berupaya meningkatkan coverage kepesertaan.

Melalui program "Kerja Keras Bebas Cemas" (KKBC), BPJS Ketenagakerjaan kini aktif merangkul peserta baru di wilayah perdesaan. Program KKBC Masuk Desa ini salah satunya dilaksanakan di Kecamatan Cilongok pada hari Jumat (11/8/2023) oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto.

Kegiatan itu  dihadiri oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto, Antony Sugiarto, Camat Kecamatan Cilongok Roni Hidayat serta Forkopimcam Kecamatan Cilongok.

Dalam acara tersebut, BPJS Ketenagakerjaan melaksanakan kegiatan sosialisasi program dan senam bersama elemen masyarakat warga cilongok.

Terkait sosialisasi KKBC masuk desa, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwokerto, Antony Sugiarto mengatakan, cara ini dinilai cukup tepat lantaran ekosistem desa menyimpan potensi jutaan pekerja di sektor informal atau Bukan Penerima Upah (BPU), yang mayoritas belum memahami pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.


Kepala BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto, Antony Sugiarto (kanan) bersama Camat Kecamatan Cilongok Roni Hidayat (tengah). (Foto: Istimewa)
 
“BPJS ketenagakerjaan saat ini memang tengah fokus menggarap sektor BPU, di mana sebagian besarnya berada di ekosistem desa,”kata Antony.

Dengan iuran mulai dari Rp16.800 per bulan, para pekerja BPU bakal mendapatkan perlindungan program JKK dan JKM. “Jika dibanding dengan iurannya, manfaat yang didapatkan jauh lebih besar.”sambungnya.

Antony menambahkan bahwa pekerja BPU juga bisa mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT), dengan menambah iuran minimal Rp20.000 per bulan, sehingga menjadi Rp36.800 per bulan.

Program JHT ini sifatnya tabungan dan manfaatnya untuk persiapan hari tua sejahtera, sehingga meski tidak bekerja dapat tetap hidup layak. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut