get app
inews
Aa Read Next : Hebat, 3 Mahasiswa Unsoed Raih Silver Medal di Mandalika Essay Competition

Kolaborasi Unsoed dan Chiba University Jepang, Lakukan Kegiatan Konservasi Penyu Hijau

Selasa, 29 Agustus 2023 | 08:17 WIB
header img
Unsoed Purwokerto berkolaborasi dengan Chiba University Jepang laksanakan kegiatan konservasi penyu hijau di Karimunjawa. (Foto: Unsoed)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berkolaborasi dengan Chiba University Jepang menyelenggarakan summer program untuk mahasiswa asing pada  21-30 Agustus 2023. Salah satu materi kunci adalah konservasi penyu hijau di kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah.

Direktur International Relations Office (IRO) Unsoed Erwin Riyanto Ardli mengatakan Unsoed bersama Chiba University Jepang melaksanakan pelepasan tukik penyu hijau (Chelonia mydas) oleh seluruh peserta, asisten, pemateri dan dosen pendamping di lokasi summer program. 

“Pelepasliaran tukik ini sebagai wujud nyata peran generasi milenial kampus dalam menjaga lingkungan sekitar, juga menjadi media edukasi langsung bagi peserta dan masyarakat umum,”jelasnya.

Manurut Erwin, summer program bersama universitas di Jepang menjadi bagian dari kegiatan Unsoed dalam mengaktualisasi institusi untuk diakui dunia dalam pengembangan sumber daya perdesaan dan kearifan lokal. 

“Kegiatan tersebut sebagai implementasi kerja sama antara Fakultas Biologi Unsoed dengan Graduate School of Science Chiba University, Jepang, yang didukung oleh universitas melalui Kantor Urusan Internasional (International Relations Office) Unsoed,”jelasnya.

Pilihan kegiatan tersebut tidak lepas dari potensi Indonesia yang dikenal luas dengan keragaman hayati tertinggi di dunia khususnya di ekosistem laut. 

Keragaman hayati tersebut sayangnya mendapat ancaman dan tekanan yang semakin besar misal dengan pertambahan penduduk dan perubahan iklim yang yang terus berlangsung. 

Tidak terkecuali terhadap biota laut langka yang dilindungi seperti penyu hijau (Chelonia mydas). Hanya sedikit spesies penyu laut yang sekarang hidup di perairan laut dunia, semua dimasukkan dalam kategori fauna yang dilindungi. 
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut