get app
inews
Aa Read Next : Truk Tangki Kecelakaan, Sopir Tewas Usai Kendaraan Terjun ke Sungai di Brebes

TPF Unsoed Lakukan Kajian Revitalisasi Agrowisata Kaligua

Kamis, 13 Juli 2023 | 09:05 WIB
header img
Tim peneliti Unsoed melakukan kajian revitalisasi di Agrowisata Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Tim Peneliti Fundamental Universitas Jenderal Soedirman (TPF Unsoed) yang terdiri dari tiga dosen dan dibantu oleh 10 mahasiswa dari program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unsoed melakukan kajian revitalisasi di Agrowisata Kaligua, Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes.

Ketiga dosen tersebut adalah Dr. Adhi Iman Sulaiman SIP, M.Si dan Dr. Masrukin, S.Sos, M.Si, keduanya berasal dari Fisip dan Dr. Dindy Darmawati Putri, SP., MP dari Program Studi Magister Agribisnis.

"Melalui kajian ini, kami akan merumuskan model dan program pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan Agrowisata berbasis Community Based Tourism (CBT) dan kearifan lokal. Harapannya, masyarakat sekitar dan pengelola dapat meningkatkan manajemen pariwisata yang lebih baik, menarik, dan unik, termasuk inovasi produk lokal dari hasil panen holtikultura dan minuman teh, serta manajemen promosi dan pemasaran secara digital," ujar Ketua TPF Unsoed, Dr. Adhi Iman Sulaiman SIP, M.Si di kampus Fakultas Ilmu Sosial Unsoed Purwokerto Rabu (12/7/2023).

TPF Unsoed melakukan kajian revitalisasi di Agrowisata Kebun Teh Kaligua selama dua hari, yaitu Sabtu-Minggu (8-9/7/2023). Proses kajian dimulai dengan menyebarkan kuesioner kepada 30 warga sekitar kebun teh yang menjadi pengelola, karyawan, pedagang, dan petani. 

Penyebaran kuesioner ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan, kebutuhan, dan potensi Agrowisata Kaligua. TPF juga melakukan dialog dan diskusi dengan pemangku kepentingan Agrowisata Kaligua, sambil melakukan observasi dan dokumentasi di berbagai lokasi sekitarnya.

Menurut Adhi Iman, sebenarnya Agrowisata Kaligua dapat menjadi destinasi wisata unggulan yang tidak kalah menarik dibandingkan destinasi wisata modern. Seperti mal yang dibangun dengan tembok beton dan menawarkan permainan ketangkasan serta spot foto menarik.

"Dengan mempertahankan keaslian dan keindahan panorama alam yang ada, sambil mengadopsi konsep wisata modern, kami optimis bahwa Kaligua dapat menjadi destinasi wisata unggulan yang menarik. Oleh karena itu, diperlukan kajian revitalisasi yang cermat,”jelasnya.
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut