get app
inews
Aa Read Next : Beasiswa Aperti BUMN 2024 Dibuka, Berikut 7 Universitas dan Syarat Daftar

Kisah Ilham, Anak Sopir Taksi Online yang Kuliah di Cornell University Penerima Beasiswa LPDP

Jum'at, 21 Januari 2022 | 19:33 WIB
header img
Ilham Nugraha putra, anak sopir taksi online, penerima Beasiswa LPDP yang kuliah di Cornell University. Foto/Ist

JAKARTA, iNews.id - Beberapa waktu lalu, Twitter sempat ramai dengan kisah pengemudi taksi online yang menceritakan putranya yang tengah menempuh studi lanjut di Amerika Serikat. Dalam pengungkapannya, bapak tersebut mengatakan jika kini putranya yang bernama Ilham Nugraha putra sedang berusaha untuk mewujudkan cita-citanya untuk memboyong keluarga ke Amerika di hari wisudanya.

Ilham sendiri adalah lulusan SBM ITB yang kini sedang studi lanjut S2 di bidang Kebijakan Publik. Tidak main-main, ia berhasil menembus salah satu kampus Ivy League, Cornell University dengan beasiswa LPDP.

Lahir dan tumbuh dalam keadaan ekonomi yang serba pas-pasan bukan jadi halangan. Berkat program Beasiswa Bidikmisi, ia berhasil kuliah di SBM ITB.

Sejak S1, cita-cita untuk studi lanjut itu sudah ada. Sadar akan adanya biaya pendaftaran kampus maupun sertifikat bahasa Inggris yang tak sedikit, ia mulai menyisihkan uang saku beasiswa maupun bekerja sebagai asisten dosen.

Ia juga menyisihkan waktu lebih banyak untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak.

"Sumbernya dari mana aja, yang penting gratis, di internet ada banyak sekali, yah karena kalau kursus pasti biaya lagi. Setidaknya butuh waktu 3 tahun sampai uang yang sisihkan itu benar-benar terkumpul untuk tes IELTS dan biaya pendaftran beberapa kampus yang saya tuju”, katanya mengutip dari instagram resmi LPDP di @lpdp_ri, Jumat (21/1/2022).

Realitas sosial dengan segala permasalahannya seperti kemiskinan, pendidikan, hingga kebersihan dan kesehatan lingkungan yang ia temui sedari kecil di sekitar tempat tinggalnya di daerah Gedebage, Bandung, membuatnya penasaran dan memotivasinya untuk dapat menawarkan jalan keluar.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut