get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

1.500 Petani Ikan Air Tawar Banyumas Dilatih Pembuatan Pakan 

Senin, 02 Oktober 2023 | 13:30 WIB
header img
Anggota Komisi IV DPR Sunarna mengadakan pelatihan kepada 1.500 petani ikan air tawar di Banyumas pada Senin dan Selasa (2-3/10/2023). (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-Anggota Komisi IV DPR Sunarna mengadakan pelatihan kepada 1.500 petani ikan air tawar di Banyumas pada Senin dan Selasa (2-3/10/2023). Pelatihan lebih fokus bagaimana membuat pelet atau pakan ikan, sehingga petani lebih bisa mandiri.

Anggota Komisi IV DPR Sunarna mengatakan pelatihan pembuatan pakan ikan bakal diikuti sebanyak 1.500 petani ikan dari Banyumas. Lokasi pelatihan tidak hanya di Purwokerto, melainkan juga di beberapa kecamatan di Banyumas.

“Potensi perikanan air tawar di Banyumas itu sangat luas, sehingga petani harus terus didampingi dan diberikan pelatihan kepada mereka,”kata Sunarna di sela-sela pelatihan yang berlangsung di Gedung Kesenian Sutedja pada Senin.

Menurutnya, pelatihan yang diberikan tidak hanya soal bagaimana tata laksana budi daya yang baik seperti pembenihan, pemijahan, pemeliharaan saja. Tetapi pelatihan yang tidak kalah penting adalah bagaimana petani memiliki kemampuan untuk membuat pakan sendiri.

“Kalau nanti, secara konsep dan teknis sudah bisa membuat pakan, maka saya akan mendatangkan peralatannnya,”jelas Sunarna.

Dia mencontohkan, petani ikan air tawar di Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok. “Mereka telah bisa membuat pakan ikan sendiri. Bahkan, tidak hanya mencukupi untuk kebutuhan kelompok sendiri, melainkan sudah bisa menjualnya keluar. Pakan ikannya juga bagus, seperti produk pabrik,”katanya.

Sunarna mengatakan bahan pembuatan ikan juga sudah ada. Salah satunya adalah magot yang bisa menjadi bahan dengan kandungan proteinnya. “Jadi, magot dapat menjadi bahan baku pembuatan pakan ikan yang tentu saja murah. Pelatihan ini, juga memberikan gambaran kepada para petani mengenai formula yang baik dalam pakan ikan.”

Ia juga meminta kepada para penyuluh lapang perikanan untuk ikut serta dalam mendampingi para petani ikan di Banyumas. “Mulai dari pemijahan, pembenihan, pemeliharaan hingga pembuatan pakan ikan,”tambahnya.

Tujua pelatihan pembuatan pakan ikan adalah supaya para petani ikan lebih mandiri, tidak tergantung pada pakan produksi pabrik.

“Kalau masih tergantung pakan pabrik, maka petani ikan harus mengikuti harga pakan yang terus meningkat. Jika sudah dapat membuat pakan sendiri, mereka bisa mandiri dan keuntungan akan lebih baik,”tandas Sunarna. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut