get app
inews
Aa Read Next : Kisah Ritual Mistis Soeharto di Gunung Selok Cilacap

Pantai Berubah Jadi Lautan Darah Saat Ratusan Paus dan Lumba-Lumba Dibantai

Senin, 12 Juli 2021 | 19:15 WIB
header img
Ratusan ekor paus pilot dan lumba-lumba dibantai setiap tahun untuk acara ritual di Kepulauan Faroe (Foto: Sea Shepherd)

LONDON, iNews.id - Peristiwa mengerikan tersaji di Kepulauan Faroe, wilayah di bawah kekuasaan Denmark yang berada di Samudera Atlantik. Perairan pantai sebuah pulau kecil di Faroe berubah menjadi lautan darah dari ratusan ekor ikan paus pilot dikorbankan.

Dikutip dari iNews.id, acara tersebut sebenarnya berlangsung beberapa bulan lalu, namun videonya diungkap belakangan ini oleh lembaga konservasi Sea Shepherd.

Para pemburu memancing lebih dari 200 ekor ikan paus pilot ke pantai untuk dikorbankan sebagai bagian dari tradisi tahunan. Festival tersebut dikenal dengan Grindadrap, berarti Menggiling, yang sudah ada sejak zaman Viking.

Dalam rekaman yang dipublikasikan Sea Shepherd, para pemburu membunuh ikan-ikan itu untuk diambil dagingnya.

Menurut lembaga, sekitar 175 ekor paus pilot dibunuh, termasuk betina yang masih hamil, dibunuh.

Pekan lalu Sea Shepherd mengklaim sekitar 100 ekor ikan digiring menggunakan perahu ke teluk untuk dibunuh. Warga Faroe bisa berburu rata-rata 600 paus pilot per tahun.

“Grindadráp merupakan peninggalan masa lalu yang biadab, tidak perlu memberi makan siapa pun di kepulauan itu," ujar aktivis Sea Sheperd, Robert Read, dikutip dari Mirror, Senin (12/7/2021).

Disebutkan, 539 ekor paus pilot bersirip panjang, 35 lumba-lumba putih Atlantik, dan 11 paus hidung botol, dibunuh pada 2020 saja.

Sementara itu pejabat pemerintah Faroe mengatakan, populasi paus pilot di Atlantik Utara mencapai 380.000 ekor, sebanyak 100.000 di antaranya hidup di sekitar Faroe.

“Baik daging dan lemak telah lama menjadi bagian dari santapan nasional. Tangkapan berkelanjutan dari spesies yang melimpah ini sebagian besar dibagikan tanpa ditukar uang di antara peserta perburuan dan warga sekitar," bunyi pernyataan.

Dalam satu ritual pada Mei, kepala paus pilot ditusuk ke patung kail raksasa di Kota Hvannasund.

Setiap tahun Sea Shepherd mengirim kru untuk memantau pembantaian tersebut. Setiap itu pula muncul foto-foto menunjukkan laut berubah menjadi merah darah setelah ikan-ikan itu dibacok di perairan dangkal. Hal yang lebih mengenaskan, butuh lebih dari 20 menit bagi setiap ikan untuk mati.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut