get app
inews
Aa Read Next : Terkait Tuntutan Soal UKT, Ini Kebijakan Unsoed Terbaru

Misteri Sejarah Gunung Tugel Purwokerto, Disebut Tempat Pemujaan dan Ritual Dukun!

Selasa, 02 Agustus 2022 | 18:29 WIB
header img
Misteri Sejarah Gunung Tugel Purwokerto. Foto Tangkapan layar YouTube Explore Mystic.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Misteri sejarah Gunung Tugel Purwokerto sempat ramai diperbincangkan masyarakat terkait banyaknya bangunan kosong yang terbengkalai hingga menjadi tempat angker karena tak ada yang menempati. Misteri sejarah Gunung Tugel Purwokerto telah menjadi mitos tersendiri bagi warga di Kabupaten Banyumas. 

Selain dianggap sebagai tempat mistis, banyak disebutkan pula lokasi tersebut sebagai tempat pemujaan dan aktifitas dukun ritual. Gunung Tugel yang berada di Kelurahan Karangklesem, Kecamatan Purwokerto Selatan memiliki kisah tersendiri. 

Misteri Sejarah Gunung Tugel Purwokerto 

Gunung Tugel Purwokerto berdasarkan mitos yang berkembang, disebutkan jika pada jaman dahulu kala, ada salah satu tokoh pewayangan yang tengah berjalan melintasi Jawa Tengah namun tersandung ketika melangkahi Gunung Slamet. Seketika itu, pecahan puncak Gunung Slamet terlempar hingga ke wilayah Banyumas dan menjadi Gunung Tugel. 

"Adapun mitosnya sejarah Gunung Tugel ini berdasarkan cerita dari orang terdahulu, sejarah Gunung Tugel itu diceritakan bahwa ada tokoh pewayangan zaman dulu yang melewati Gunung Slamet," kata Babeh Berto, salah satu warga setempat yang tinggal di wilayah Gunung Tugel Purwokerto seperti dilansir iNewsPurwokerto.id dari kanal YouTube Explore Mystic, Selasa (2/8/2022). 

Dia menjelaskan jika zaman dulu dalam kisah pewayangan itu ada tokoh yang bernama Bima, ingin melangkah ke arah Timur lalu terhalang Gunung Slamet. 

"Akhirnya tersandung dan pecahannya sebagian terjatuh di wilayah ini, makanya diberikan nama Gunung Tugel.  jadi Gunung Tugel patahannya dari Gunung Slamet, itu sejarah mitosnya," ungkapnya. 

Babeh Berto merupakan salah satu warga yang sudah tinggal di wilayah Gunung Tugel Purwokerto sejak tahun 1980. Dia pun mengalami ketika wilayah tersebut masih berupa jalan tanah hingga saat ini menjadi jalan nasional. 

"Babeh sudah mulai tinggal sejak tahun 1980, langsung di lokasi Gunung Tugel sampai sekarang bertempat tinggal disini. Adapun cerita ditahun 80, babeh sempat mengalami situasi di lingkungan gunung tugel ini, dari jalan kecilnya, jalan rayanya masih tanah hingga sekarang jalan itu sudah jadi jalan besar dan menjadi jalan nasional," katanya. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut