get app
inews
Aa Text
Read Next : Pemkab Banyumas Terima Apresiasi Nasional Pengelolaan Pangan

Selamat! Puskesmas Kedungbanteng Mitra BPJS Kesehatan Purwokerto Raih Juara 1 Faskes Berkomitmen

Rabu, 25 Oktober 2023 | 10:29 WIB
header img
Puskesmas Kedungbanteng Mitra BPJS Kesehatan Purwokerto Raih Juara 1 Faskes Berkomitmen. Foto: Dok BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Dalam upaya menyukseskan transformasi mutu layanan yang mudah, cepat, dan setara kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di fasilitas kesehatan. BPJS Kesehatan memberikan Sertifikat Penghargaan Tingkat Kedeputian Wilayah kepada Puskesmas Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas sebagai peringkat satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) paling berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN kategori Puskemas Tingkat Kedeputian Wilayah VI.

“Tentunya kami sangat senang atas pencapaian ini. Puskesmas Kedungbanteng sebagai mitra fasilitas kesehatan dari BPJS Kesehatan selalu berkomitmen untuk meningkatkan mutu layanan. Kami berusaha untuk selalu menyesuaikan dengan yang diamanahkan perjanjian kerja sama yang telah disepakati dengan BPJS Kesehatan,” kata Kepala Puskesmas Kedungbanteng, Maya Widiasesanti dalam keterangannya, Rabu (25/10/2023).

Maya mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin dengan BPJS Kesehatan selama ini. Ia juga menuturkan upaya-upaya yang dilakukan Puskesmas Kedungbanteng dalam memberikan mutu layanan terbaik bagi masyarakat.

“Kami memberikan pelayanan sesuai dengan standar-standar dari Kementerian Kesehatan. Kami juga bertransformasi mutu sama dengan yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan saat ini,” ucap Maya.

Asisten Deputi Jaminan Pelayanan Kesehatan Kedeputian Wilayah VI, Bellza Rizki Ananta mengapresiasi Puskesmas Kedungbanteng yang terus mendukung Program JKN.

“BPJS Kesehatan selalu berusaha mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas melalui pengelolaan fasilitas kesehatan yang efektif. Salah satunya dengan melakukan Penilaian Fasilitas Kesehatan Berkomitmen Pelayanan JKN Tahun 2023. Kami mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada Puskesmas Kedungbanteng sebagai Peringkat Satu FKTP Paling Berkomitmen dalam Memberikan Pelayanan Terbaik bagi Peserta JKN Kategori Puskemas Tingkat Kedeputian Wilayah VI,” ujar Bellza.

Ia menambahkan pemberian penghargaan ini bertujuan memberikan semangat fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan untuk terus memberikan pelayanan prima kepada peserta JKN serta dalam rangka meningkatkan engagement dengan BPJS Kesehatan.

“Tidak hanya kepada FKTP, BPJS Kesehatan juga memberikan penilaian untuk Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan paling berkomitmen. Hal ini tidak hanya dilakukan di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta namun juga seluruh daerah di Indonesia,” kata Bellza.

Dirinya menjelaskan pemberian apresiasi kepada FKTP dan FKRTL terpilih tersebut berdasarkan hasil seleksi dari tim penilai pelaksanaan pemberian apresiasi kepada fasilitas kesehatan dalam Program JKN. Tahap seleksi dan penilaian dilakukan secara bertahap dimulai dari tingkat cabang sampai tingkat pusat.

Sementara menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, Unting Patri Wicaksono Pribadi menjelaskan kriteria-kriteria penilaian FKTP Berkomitmen Tahun 2023.

“Kriteria penilaian FKTP berkomitmen untuk FKTP yang telah bekerja sama paling sedikit satu tahun melihat beberapa indikator antara lain, capaian credentialing, capaian Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK), capaian skrining kesehatan, capaian skor kepatuhan, capaian pemanfataan antrean online, capaian Implementasi Kesan dan Pesan Setelah Pelayanan (KESSAN), dan capaian Supervisi Buktikan dan Lihat Langsung (Si-BLing),” ujar Unting.

Ia menambahkan selain Puskesmas Kedungbanteng, FKTP Berkomitmen Tahun 2023 Tingkat BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, antara lain drg. Wahyu Molariawan, dr. Dri Kusrini, dan Klinik Yos Sudarso. Sedangkan untuk FKRTL Berkomitmen Tahun 2023 Tingkat BPJS Kesehatan Cabang Purwokerto, antara lain Klinik Utama Amanda, RSU Afdila, RSU Wiradadi Husada, dan RSUD Cilacap.

“Dalam penilaian fasilitas kesehatan berkomitmen ini kami meminta FKTP untuk memberikan poin-poin penilaian yang diminta, antara lain profil FKTP, pelaksanaan kegiatan promotif preventif, program unggulan atau inovasi dalam peningkatan mutu pelayanan, komitmen, dan implementasi poin-poin pada janji layanan, dan keaktifan dalam publikasi pembuatan konten-konten Program JKN, seperti informasi administrasi BPJS Kesehatan dan transformasi mutu layanan,” pungkas Unting.

 

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut