get app
inews
Aa Read Next : Harga Tiket Kereta Api Go Show Mulai 1 Mei 2024 Daop 5 Purwokerto, Kelas Eksekutif Mulai Rp35 Ribu

Sosialisasi Keselamatan di Pintu Perlintasan, Daop 5 Bawa Tokoh Bima dan Gatotkaca

Rabu, 25 Oktober 2023 | 11:14 WIB
header img
PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto membawa dua tokoh wayang Bima dan Gatotkaca untuk melaksanakan sosialisasi di pintu perlintasan sebidang di Tanjung. (Foto: Istimewa)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id-PT KAI Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto membawa dua tokoh wayang bernama Bima dan Gatotkaca untuk melaksanakan sosialisasi di pintu perlintasan sebidang di Tanjung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Banyumas.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih mengatakan bahwa Daop 5 membawa tokoh pewayangan Bima dan Gatotkaca karena keduanya adalah tokoh Pandawa yang membawa pesan kebaikan.

“Kami membawa keuanya sebagai bagian dari kegiatan sosialisasi keselamatan terutama di perlintasan sebidang,”kata Feni di sela-sela sosialisasi dalam rangka Hari Sumpah Pemuda yang menghadrkan tema Pemuda Teladan Keselamatan pada Rabu (25/10/2023).

Menurutnya, tema Pemuda Teladan Keselamatan adalah untuk mengajak seluruh generasi muda dari berbagai lapisan untuk lebih peduli dengan keselamatan dan keamanan perjalanan KA. Generasi muda menjadi salah satu fokus KAI Daop 5 Purwokerto karena acapkali terjadinya kecelakaan lalulintas terutama di perlintasan adalah karena kurang disiplinnya masyarakat para pengguna jalan raya dimana salah satu pengguna jalan raya adalah anak-anak muda. 

“Selain itu kegiatan ini juga untuk mengedukasi generasi muda untuk tidak melakukan aktivitas apapun di jalur KA dan tidak melakukan aksi vandalisme karena dapat membahayakan perjalanan KA maupun keselamatan generasi muda itu sendiri,”jelasnya.

Maka dari itu, Daop 5 Purwokerto menyelenggarakan sosialisasi keselamatan dan keamanan perjalanan KA serentak di 28 sekolah yang terletak di sepanjang jalur KA di wilayah Daop 5 Purwokerto. 

Adapun kegiatan sosialisasi dipusatkan di JPL 363A Tanjung, petak jalan antara Stasiun Purwokerto-Notog. Kegiatan dengan menggandeng para pelajar pramuka dari SMK Tujuh Lima 1 dan SMK Tujuh Lima 2 serta komunitas pencinta KA Spoorlimo yang notabene adalah anak-anak muda penerus bangsa.

Masih terjadinya kecelakaan lalu lintas di perlintasan sebidang maupun temperan di jalur KA, salah satunya yakni karena kurangnya kesadaran dan pemahaman seluruh pengguna jalan raya terhadap peraturan keselamatan perjalanan KA di pelintasan sebidang.

“Aturan menyebutkan bahwa perjalanan kereta api mendapatkan prioritas di jalur yang bersinggungan dengan jalan raya. Berdasarkan aturan di atas pula, sudah jelas disebutkan jika tidak ada kesalahan yang dapat dituduhkan kepada kereta api,” tegas Feni.

Di wilayah Daop 5 Purwokerto berdasarkan data per bulan Oktober 2023 terdapat total 228 perlintasan sebidang baik dijaga maupun tidak dijaga, dimana sebanyak 23 perlintasan dijaga oleh pekerja dari Unit Jalan Rel dan Jembatan, 37 perlintasan oleh pekerja dari Unit Operasi, 39 perlintasan oleh warga/swakelola dan 56 perlintasan dijaga oleh petugas eksternal dari Pemda/Dishub serta 39 titik tidak terjaga dan sebanyak 34 perlintasan telah ditutup.

Adapun dari data yang dihimpun bahwa sepanjang tahun 2023 telah terjadi 9 angka kecelakaan dimana 5 kecelakan terjadi di perlintasan resmi dijaga dan 4 kecelakaan diperlintasan resmi tidak dijaga. Sepanjang tahun 2023, Daop 5 Purwokerto sudah melaksanakan sebanyak 130 kali sosialisasi keselamatan.

Melihat hal ini PT KAI Daop 5 menghimbau dan mengajak seluruh generasi muda untuk bersama-sama berkomitmen untuk terus mendukung keselamatan dan kemanan perjalanan KA 

“Ingat mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan KA adalah utama, namun menjaga keselamatan diri dan seluruh pengguna jalan raya adalah prioritas,”tambahnya. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut