get app
inews
Aa Read Next : Daftar 20 Daerah yang Terdeteksi Kasus Omicron, Salah Satunya Cilacap

Antisipasi Dampak Omicron,  Binda Jateng gelar Vaksinasi di Patikraja

Kamis, 27 Januari 2022 | 12:29 WIB
header img
Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah kembali melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat luas dan para pelajar. (Foto: Binda Jateng)

PURWOKERTO, iNews.id – Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah kembali melaksanakan vaksinasi untuk masyarakat luas dan para pelajar. Selain untuk vaksinasi dosis pertama dan kedua, juga diselenggarakan vaksinasi booster.

Salah satu vaksinasi booster yang digelar Binda Jateng dilangsungkan di Banyumas, tepatnya di Kecamatan Patikraja. Ada dua lokasi yang menjadi tempat vaksinasi yakni Aula Kecamatan Patikraja dan Aula SMA Negeri 1 Patikraja. Dua lokasi tersebut dipakai untuk melayani warga yang vaksin booster.

Dalam rilis tertulisnya, Kepala Binda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan bahwa pihaknya kembali menyelenggarakan vaksinasi massal anak atau pelajar usia 6-11 tahun dan masyarakat secara door to door serta vaksinasi booster. “Pelaksaannya berada di 18 kabupaten/kota di Jateng,”jelasnya pada Kamis (27/1/2022).

Dikatakan oleh Kepala Binda Jateng, ke-18 kabupaten/kota itu adalah Kabupatem Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Tegal, Brebes, Blora, Kudus, Demak, Grobogan, Kota Semarang, Kendal, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonosobo, Purworejo, Kebumen, Banyumas dan Banjarnegara. Secara total 23.000 dosis vaksin yang disiapkan. Ada 20 sentra vaksinasi yang dibangun di 18 kabupaten/kota.

Jenis vaksin yang dipergunakan bagi anak dan pelajar yaitu jenis sinovac yang telah mendapatkan ijin dari BPOM untuk dipergunakan bagi anak dan pelajar usia 6 – 11 tahun, sementara untuk masyarakat secara door to door serta vaksinasi booster menggunakan vaksin yang tersedia dari Dinas Kesehatan (Dinkes) masing-masing daerah.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi masyarakat secara door to door diselenggarakan di Kabupaten Tegal, Brebes, Blora, Grobogan, Kebumen dan Banjarnegara. Kemudian vaksin anak usia 6 – 11 tahun meliputi Kota Pekalongan, Kab Tegal, Brebes, Blora, Kudus, Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonosobo, Purworejo dan Banyumas,”ujarnya.

Sementara itu, Binda Jateng juga melaksanakan vaksinasi booster yang diselenggarakan di 5 wilayah yaitu Kota Pekalongan, Kab Demak, Kota Semarang, Kab Banyumas dan Kab Sukoharjo dengan target 3.000 orang. Untuk vaksinasi anak juga diperlukan untuk mendukung terselenggaranya pembelajaran tatap muka serta melindungi anak dari penyebaran covid.

Vaksinasi  booster yang diperuntukan untuk masyarakat umum minimal berumur 18 tahun serta telah mendapatkan vaksin lengkap enam bulan sebelumnya. Perlu diketahui juga, bahwa vaksinasi booster diberikan gratis alias tidak dipungut biaya kepada masyarakat. Kepada masyarakat yang telah memenuhi kriteria diatas, dapat mencari informasi ke faskes terdekat untuk mendapatkan vaksin booster.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut