get app
inews
Aa Read Next : Celine Evangelista Berangkatkan Karyawan Umrah, Sudah Mualaf? 

Dari Arab Saudi, Tim Advance Penyelenggara Umrah Positif Omicron

Senin, 17 Januari 2022 | 09:20 WIB
header img
Anggota Tim Advance Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang jumlahnya belasan terinfeksi Covid-19 varian Omicron

JAKARTA, iNews.id - Anggota Tim Advance Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) yang jumlahnya belasan terinfeksi Covid-19 varian Omicron. Positifnya para penyelenggara perjalanan umrah setelah pulang dari Arab Saudi. 

Salah satunya Ketua Serikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (SAPUHI) Syam Resfiadi. Selain dirinya, ada 12 orang yang terpapar Omicron dan kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. 

"Dari 11 orang, sekarang menjadi 13 orang positif (Omicron). Kami di Wisma Atlet saat ini," katanya di Jakarta, Senin (17/1/2022). 

Menurutnya, gejala yang dialami dirinya dan rekan-rekan lain yaitu batuk dan demam. Gejala ini muncul saat karantina di Indonesia. 

Namun ada juga yang menunjukkan gejala sejak di Makkah, Arab Saudi. Syam Resfiadi memastikan Tim Advance telah menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat.  "Sudah banget (menerapkan protokol kesehatan). Kami semua pimpinan PPIU, karantina dan PCR semua kita diwajibkan," katanya.

Sebelumnya, Tim Advance umrah yang berjumlah 25 orang berangkat ke Tanah Suci pada 23 Desember 2021. Setelah 14 hari, tim ini pulang ke Tanah Air pada 6 Januari 2022. Sekembali ke Indonesia, tim advance sempat menjalani karantina di hotel selama tujuh hari. Namun setelah diketahui ada yang terpapar Covid-19, rombongan dipindah ke Wisma Atlet sejak Rabu (12/1/2022). 

Kementerian Agama (Kemenag) menghentikan sementara pemberangkatan jemaah umrah sejak Sabtu, 15 Januari 2022. Hal ini dilakukan guna mengevaluasi skema One Gate Policy (OGP) dan memantau perkembangan Covid-19 di Indonesia dan Arab Saudi. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut