get app
inews
Aa Read Next : 5 Tahun Lagi 14 Juta Pekerjaan di Seluruh Dunia Diprediksi Hilang, Apakah Digantikan AI?

DevFest 2023, 3.400 Pengembang Teknologi Bahas Teknologi AI hingga Accessibility

Jum'at, 01 Desember 2023 | 13:49 WIB
header img
DevFest 2023, 3.400 Pengembang Teknologi Bahas Teknologi AI hingga Accessibility. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id – Perkembangan teknologi kian memberi pengaruh di berbagai sektor. Terlebih lagi, Artificial Intelligence (AI) kian mendisrupsi kebiasaan manusia. 

Hal ini mendorong upaya menciptakan talenta digital perlu diimbangi dengan aktualisasi pengetahuan dan wawasan terbaru dengan tren teknologi terkini sehingga solusi teknologi yang diciptakan oleh pengembang teknologi Indonesia pun tidak kalah saing dengan global.

Pentingnya peningkatan jumlah dan kualitas pengembang teknologi di Indonesia menjadi bahasan utama DevFest Indonesia 2023 yang diselenggarakan oleh Google Developer Groups (GDG) Indonesia. 

Acara ini diselenggarakan di 10 kota di Indonesia, yaitu: Bali, Bandung, Bogor, Depok, Jakarta, Makassar, Medan, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

Menghadirkan 80 pembicara (technology experts) dari GoTo, Gopay, Tokopedia, DANA Indonesia, Blibli, tiket.com, Midtrans, Hacktiv8, Julo, dan startup lainnya, hingga para Google Developer Experts baik dari Indonesia maupun luar Indonesia.

Selain AI, berbagai tema yang dibahas antara lain Android, Web Teknologi, Firebase, Artificial Intelligence (AI), Machine Learning dan yang berkaitan dengan Google teknologi kepada lebih dari 10,000 developers (pengembang teknologi) di Indonesia.

Putranto Adhi Nugroho selaku GDG Lead Manager Chapter Jakarta menuturkan DevFest Jakarta tahun 2023 akan lebih banyak mengangkat topik tren teknologi terbaru saat ini seperti Artificial Intelligence (AI) hingga yang tidak kalah penting juga aksesibilitas teknologi agar bisa ramah dan inklusif ke semua orang.

“DevFest tahun 2023 ini sangat spesial, karena tahun ini rekor dengan peserta terbanyak dengan hampir 1,400 developer datang secara luring dan juga 2,000 developer lainnya menonton secara daring," kata Putranto dalam keterangannya, Jumat (1/12/2023).

"Kami harap dengan event tahunan seperti ini bisa memantik motivasi teman-teman pengembang teknologi agar lebih semangat dalam mengembangkan karya mereka di bidang teknologi dan inovasi," lanjutnya.

Danang Juffry selaku Community Manager Google Indonesia & Brunei sebagai salah satu pembicara di DevFest ini juga mengatakan, “Saya merasakan antusiasme yang menakjubkan dari para peserta di Devfest 2023 Jakarta," ucapnya.

Apresiasi setinggi-tingginya kepada GDG Jakarta atas keberhasilannya untuk menampilkan pembicara wanita sebanyak 50% dari total pembicara. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut