get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Hari Disabilitas Internasional, Banyumas Bakal Miliki SLB Negeri

Kamis, 14 Desember 2023 | 18:00 WIB
header img
Hari Disabilitas Internasional, Banyumas Bakal Miliki SLB Negeri. Foto: Dok Humas Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2023, pemerintah berupaya menyediakan SLB Negeri. Hal ini sebagai bentuk kepedulian dan dukungan pemerintah daerah kepada para penyandang disabilitas.

"Tahun 2024 Bapak Gubernur sudah mengalosikan anggaran sebesar Rp5 milyar untuk pembangunan SLB Negeri di Kabupaten Banyumas. Dan ini merupakan salah satu bentuk perjuangan kita dalam upaya memberikan hak-hak kepada penyandang disabilitas. Semoga semuanya berjalan dengan lancar," kata Kepala Bagian Kesra Setda Banyumas sekeligus Ketua NPCI Banyumas Suwondo saat memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023 tingkat Kabupaten Banyumas tahun 2023 di Pendopo Si Panji Purwokerto, Kamis (14/12/2023).

Suwondo mengatakan jika penyandang disabilitas di Kabupaten Banyumas sekitar 150 ribu orang. Hal ini berbanding jauh dengan tingkat pengenyaman pendidikan di Banyumas yang masih terbilang kurang.

Maka dari itu salah satu tugas Pemerintah Kabupaten adalah memberikan perhatian kepada seluruh penyandang disabilitas di Kabupaten Banyumas.

"Untuk itu kami akan berkoordinasi dengan OPD terkait, para camat dan kades untuk merumuskan kebijakan dengan data yang valid agar lebih tepat," ujarnya.

Direktur LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah Titi Ngudiati mengungkapkan jika satu-satunya yang bisa menjadi jembatan dalam memutus kemiskinan adalah pendidikan. Sehingga ia berharap para penyandangan disabilitas nantinya bisa mengeyam pendidikan dengan baik meskipun dengan keterbatasan yang dimiliki.

"Dengan pendidikan, anak-anak akan memiliki kemampuan dasar. Oleh karena itu mari kita berkominten bersama dalam memberikan akses yang sama pada para penyandang disabilitas," ucapnya.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut