PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jasa Kereta Api, PT KAI Daop 5 Purwokerto melalukan pengembangan Stasiun Purwokerto. Loket tiket dan layanan pelanggan (customer service) di Stasiun Purwokerto ini akan mulai pindah pada 20 Desember 2023 mendatang.
Manager Humas Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih mengatakan jika gedung baru sekaligus akses flow pengguna yang akan masuk menuju Stasiun Purwokerto berada di Jalan Kober.
"Secara bertahap akses pintu masuk pengguna akan dialihkan seluruhnya melalui bangunan baru ini. Pelanggan yang drop off di gedung baru Jalan Kober akan melewati sky bridge dan eskalator atau lift untuk tiba di area peron Stasiun Purwokerto dan selanjutnya dapat naik KA berdasarkan tiket yang telah dipesan," kata Feni dalam keterangannya, Jumat (15/12/2023).
Menurutnya, pengoperasian akses masuk pengguna ke gedung baru Stasiun Purwokerto ini untuk memberikan kenyamanan sekaligus upaya peningkatan pelayanan kepada seluruh pelanggan Kereta Api.
Selain itu, untuk menambah fasilitas pelayanan, tersedia juga ruang tunggu kaca yang sebelumnya telah dapat digunakan pelanggan. Ruang tunggu kaca tersebut juga dilengkapi dengan toilet yang berdekatan dengan sarana ibadah seperti mushola, dan ruang bermain anak.
"KAI Daop 5 Purwokerto akan menyiapkan petugas untuk membantu pengaturan flow penumpang dan memudahkan pelanggan selama masa sosialisasi," ujarnya.
Feni menjelaskan, selain melalui akses jalan Kober atau pintu Timur Stasiun Purwokerto, pihaknya juga mengimbau agar pelanggan Kereta Api untuk dapat memanfaatkan akses Pintu Barat Stasiun Purwokerto.
"Selain dapat menghindari kepadatan kendaraan yang sering terjadi di depan Stasiun Purwokerto saat frekuensi keberangkatan dan kedatangan KA yang cukup tinggi, pintu Barat Stasiun Purwokerto juga terhubung dengan akses layanan taksi dan transportasi daring lainnya," jelasnya.
Adapun rata-rata volume pengguna yang masuk di Stasiun Purwokerto sebanyak 2.980 orang setiap harinya dan angka ini akan bertambah pada masa hari libur. "Adanya penambahan fasilitas di gedung baru ini diharapkan semakin meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pelanggan KA," pungkasnya.
Editor : Arbi Anugrah