get app
inews
Aa
Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Bupati Kebumen Imbau Salat Idul Adha di Rumah Saja

Senin, 19 Juli 2021 | 09:34 WIB
header img
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengeluarkan imbauan agar masyarakat melaksanakan salat Idul Adha di rumah masing-masing.

KEBUMEN, iNews.id- Situasi pandemi Covid-19 yang belum reda dan adanya penerapan PPKM darurat, menjadi dasar bagi Bupati Kebumen Arif Sugiyanto untuk mengeluarkan imbauan agar masyarakat melaksanakan salat Idul Adha di rumah masing-masing.

Imbauan ini juga telah sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021 dan Taushiyah Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Nomor Kep-1440/DP-MUI/VII/2021 terkait dengan pelaksanaan Idul Adha.

"Kami mengimbau kepada seluruh umat Islam di Kebumen agar melaksanakan ibadah shalat Idul Adha di rumah masing-masing. Tidak dilakukan berjamaah di lapangan atau di masjid," ujar Bupati usai menggelar istighatsah dan shalawat nariyah secara daring bersama para alim ulama di Pendopo, Minggu (18/7/2021).

Bupati menegaskan bahwa bahwa kebijakan PPKM Darurat yang diambil pemerintah sama sekali bukan untuk menghalangi umat Islam beribadah berjamaah di masjid, tetapi semata-mata untuk melindungi masyarakat dari bahaya penularan Covid-19.

"Berjamaah itu hukumnya sunnah, tetapi menjaga diri dari wabah Covid-19 hukumnya wajib, (sehingga) hal yang wajib harusnya didahulukan daripada yang sunnah," kata Bupati

Selain itu, Bupati juga meminta agar warga tidak melakukan takbir keliling pada malam lebaran nanti, dan pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini bisa dilakukan di Rumah Pemotongam Hewan (RPH).

Bupati Arif selalu menyampaikan bahwa menanggulangi Covid-19 merupakan tanggung jawab kebangsaan dan kenegaraan, di samping juga merupakan tanggung jawab keagamaan.

Untuk itu, Bupati juga turut mengajak para ulama selalu bersama-sama pemerintah meningkatkan peran dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19.

"Doa dan shalawat ini juga bagian peran ulama dalam penanganan Covid-19. Karena dalam menghadapi musibah atau cobaan ini kita juga diminta untuk selalu berdoa, dan doa para ulama ink lebih mudah nyabung dengan Allah SWT," tegas Bupati.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut