5 Pemain Indonesia dengan Nilai Pasar Tertinggi, Ada Asnawi dan Osvaldo Haay

Tim iNews
.
Selasa, 20 Juli 2021 | 07:07 WIB
Winger Persija Jakarta Osvaldo Haay. (Foto: Instagram @Persija)

BANDUNG, iNews.id- Pamor pemain sepak bola kini sudah tak bisa dipandang remeh, bahkan di Indonesia sekalipun. Banyak kabar yang beredar gaji pemain sepak bola di Indonesia sudah menyentuh miliaran rupiah. Namun, bukan persoalan mudah menemukan besaran gaji pemain sepak bola di Indonesia. Meski beberapa tim profesional terdaftar sebagai PT, tidak semua klub mau membuka akses terkait besaran gaji yang diterima pemain atau yang diberikan kepada klub. 

Sehingga, prediksi besaran gaji biasanya didasarkan pada nilai pasar mereka, atau market value sebagai pemain. Namun itu juga tidak bisa dikatakan memiliki akurasi 100% karena lagi-lagi tidak ada kata pasti dari klub atau pemain. 

Jika acuannya adalah nilai pasar, maka berikut lima pemain sepak bola asal Indonesia yang mempunyai market velue besar, berdasarkan situs Transfermarkt.

5. Riko Simanjuntak

Pemain yang berasal dari kota Medan ini mempunyai ciri khas tersendiri ketika mengolah si kulit bundar. Ya, Riko Simanjuntak terkenal dengan kecepatan larinya yang sudah perlu diragukan lagi. Selain itu, pemain yang mempunyai tinggi 1,6 meter ini sangatlah lincah untuk mengelabuhi lawannya. Sejauh ini, Riko mempunyai nilai pasar sebesar Rp4,7 Miliar. Kini pemain berusia 29 tahun itu tengah menikmati masa asiknya besama Persija Jakarta, yang telah diperkuat sejak tahun 2018.

4. Osvaldo Haay (Persija Jakarta)

Pemain asal kota Jayapura ini mempunyai harga pasar sebesar Rp5,6 Miliar, berdarsarkan Transfermarkt. Harga tersebut mungkin bisa dibilang sebanding dengan penampilannya dia selama di atas lapangan hijau. Pemain berusia 23 tahun ini kini sedang membela klub Ibu kota, Persija Jakarta. Setelah hengkang dari Persebaya Surabaya pada awal tahun 2020. Selama membela Macan Kemayoran, dirinya sudah bermain sebanyak 10 kali, mencetak empat gol dan satu assist disemua kompetisi.

3. Febri Haryadi

Febri merupakan lulusan dari akademi Persib Bandung, yang hingga kini menjadi pemain andalan dari Maung Bandung didalam skuad senior. Pemain yang kini memasuki usianya yang ke-25 ini mempunyai harga pasar Rp5,6 Miliar. Wajar bila Febri mendapatkan market velue sebesar itu. Sejatinya, sejauh ini dirinya tengah menjadi pemain yang cukup diandalkan atau berkontribusi penuh bagi Maung Bandung.

2. Asnawi Mangkualam

Asnawi kini tengah menimba ilmu sepak bole ke negeri Gingseng Korea Selatan. Setelah bergabung dengan klub Ansan Greeners yang berkompetisi di Liga Korea Selatan. Pemain berusia 21 tahun itu bergabung dengan Ansan Greeners pada Februari 2021. Setelah melewati musim baiknya bersama PSM Makasar. Asnawi sejauh ini mempunyai nilai pasar Rp6,1 Miliar, tentunya ini sebanding dengan prestasinya yang sudah menembus kompetisi Korean League 2.


1. Marc Klok

Marc Klok menjadi pemain dengan harga pasar termahal, yaitu sebesar Rp8,3 Miliar. Pemain blasteran Belanda ini memulai kariernya di Liga Indonesia dengan memperkuat PSM Makasar pada tahun 2017. Selama memperkuat klub berjuluk Juku Eja. Selama memperkuat Macan Kemayoran, Klok hanya bermain untuk turnamen Piala Menpora setelah kompetisi Liga 1 mengalami penundaan akibat pandemic Covid-19. Hingga kini pemain berusia 28 tahun itu memutuskan untuk hengkang ke Persib Bandung pada akhir Juni 2021.

 

Editor : Elde Joyosemito
Bagikan Artikel Ini